Buat Grafik Pertumbuhan Spiritual

| Kamis, September 13, 2018 |
Ibrani 2: 1 "Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus."

Ketika Anda bertumbuh menuju kedewasaan rohani, Anda harus bekerja sama dengan Tuhan selama prosesnya.

Salah satu cara melakukannya ialah dengan percaya bahwa Tuhan bekerja dalam hidup Anda, bahkan ketika Anda tidak merasakannya. Kadang pertumbuhan spiritual terasa membosankan, dibutuhkan langkah demi langkah kecil, pertumbuhan yang bertahap. Alkitab mengatakan, "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya"(Pengkhotbah 3: 1). Ada pula musim dalam kehidupan spiritual Anda. Terkadang Anda akan mengalami ledakan pertumbuhan spiritual yang singkat (musim semi) yang kemudian diikuti dengan masa uji coba dan pemantapan (musim gugur dan musim dingin).

Bagaimana dengan segala masalah, kebiasaan dan luka yang Anda harap bisa lenyap dengan mujizat. Berdoa meminta mujizat itu tidak apa-apa. Tetapi janganlah kecewa jika jawabannya datang melalui perubahan yang bertahap. Seiring waktu, aliran air yang lambat nan stabil mampu mengikis batu yang paling keras dan mengubah batu-batu raksasa menjadi kerikil. Seiring waktu, kecambah kecil bisa berubah menjadi pohon kayu merah raksasa yang menjulang setinggi 350 kaki. 

Sediakan buku catatan dan tuliskanlah semua yang telah Anda pelajari. Bukan buku harian, melainkan catatan tentang apa yang sudah Anda pelajari. Tuliskanlah pencerahan dan pelajaran hidup yang Tuhan ajarkan kepada Anda tentang Dia, diri Anda sendiri, kehidupan, hubungan dengan orang lain, dan segala hal lainnya. Catatlah ini sehingga Anda dapat membacanya kembali, mengingatnya, dan meneruskannya ke generasi berikutnya (lihat Mazmur 102: 18 dan 2 Timotius 3:14).

Alasan kita harus mempelajari kembali pelajaran yang sudah kita dapat adalah supaya kita tidak melupakannya. Membaca kembali catatan rohani Anda secara teratur dapat menghindarkan Anda dari berbagai luka dan sakit hati yang sebenarnya tidak penting. Alkitab mengatakan, "Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus" (Ibrani 2: 1).

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda melihat diri Anda bertumbuh dalam kedewasaan rohani dalam sebulan terakhir ini? Tahun lalu?
- Dalam musim pertumbuhan rohani apakah Anda saat ini?
- Apa saja cara agar Anda dapat menyimpan catatan spiritual, tanpa harus menggunakan pena dan kertas?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 16-18; II Korintus 7


Anda butuh waktu untuk merenungkan kebaikan Tuhan yang perlu Anda syukuri dan kejahatan Anda yang perlu Anda sesali dan mohonkan pengampunan pada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top