Pilih Iman Ketimbang Kekhawatiran

| Sabtu, September 22, 2018 |
Ibrani 11:27 "Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan."

Resolusi pertama: Pilih untuk menjadi seperti yang Allah mau. Resolusi kedua: Pilih rasa sakit jangka pendek untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. Resolusi ketiga: Pilih nilai-nilai Tuhan, bukan nilai-nilai dunia.

Dan berikut ini resolusi keempat yang dibuat Musa: Ia memilih untuk hidup di dalam iman, ketimbang di dalam kecemasan. Anda juga akan dihadapkan pada pilihan yang sama: Entah apakah Anda akan hidup berlandaskan iman, atau Anda akan hidup dibayang-bayangi oleh kekhawatiran. 

Alkitab mengatakan tentang Musa dalam Ibrani 11:27, "Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan." 

Musa mendatangi pria yang paling berkuasa di dunia pada saat itu, dan berkata, "Engkau tahu budak-budak yang membangun semua piramida engkau ini? Aku akan menebus mereka dan kami semua akan pergi dari sini. Engkau tidak akan punya budak lagi. Biarkan umatku pergi."

Musa puya banyak alasan untuk takut. Dia harus melawan orang paling berkuasa di planet ini pada saat itu. Firaun pada masa itu dianggap sebagai dewa, dan apa pun yang dikatakan Firaun, semua orang harus melakukannya. Apa yang Firaun katakan adalah hukum. Tapi ini kata Musa kepadanya: "Kami tidak akan melakukan apa yang engkau perintahkan lagi. Aku tidak takut kepada engkau karena aku hanya tunduk pada otoritas yang lebih tinggi." Butuh keberanian besar untuk melakukannya!

Apakah Anda menginginkan iman yang seperti itu dalam hidup Anda agar Anda dapat mengatasi segala kekhawatiran Anda? Semakin dekat Anda kepada Allah, semakin Anda akan dipenuhi dengan iman. Semakin jauh Anda dari Tuhan, semakin Anda akan dipenuhi rasa takut.

Saya selalu menekankan betap pentingnya iman di sepanjang hidup Anda. Alkitab mengatakan bahwa apa pun yang bukan berasal dari iman ialah dosa. Sudah berapa kali Anda berbuat dosa minggu ini? Sangat banyak. Begitu pula saya. Karena apa pun yang saya lakukan yang tidak saya lakukan dengan iman tetapi dilakukan di dalam keraguan adalah dosa. Alkitab juga mengatakan bahwa tanpa iman mustahil untuk kita menyenangkan Allah. Sudah berapa kali Anda menyenangkan hati-Nya minggu ini?

Apakah Anda menginginkan perubahan dalam hidup Anda? Berhenti mengeluh, dan mulailah percaya. Tuhan tidak tergerak oleh keluhan. Tuhan tergerak oleh iman: "Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu" (Matius 9:29). Anda harus memilih mengikuti apa yang Ia lakukan dalam hidup Anda.

Berikut ini kuncinya: Yang penting itu bukanlah ukuran iman Anda, melainkan betapa besarnya kita menempatkan Tuhan di dalam iman kita. 

Renungkan hal ini:
- Apa yang perlu Anda lakukan untuk lebih dekat dengan Tuhan, sehingga Anda dapat dipenuhi dengan iman?
- Bagaimana kekhawatiran membuat Anda malah tidak mendapatkan berkat terbaik yang sudah disediakan Tuhan untuk Anda?
- Apa bukti yang bisa terlihat bahwa hidup seseorang dipenuhi dengan iman?



Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 8-10; Galatia 3


Iman yang kecil di dalam Allah yang besar menghasilkan sesuatu yang besar!

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top