Pilih Rasa Sakit Jangka Pendek untuk Memperoleh Keuntungan Jangka Panjang

| Jumat, September 21, 2018 |
Ibrani 11:25 "Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa."

Kemarin kita belajar bahwa untuk menjadi seturut kehendak Allah, kita harus membuat resolusi yang pertama: "Saya mengambil keputusan untuk tidak akan membiarkan orang lain menekan saya masuk ke dalam cetakan mereka. Saya akan menjadi seperti yang Tuhan inginkan. Saya akan melakukan apa yang Tuhan mau, dan saya akan mengikuti rencana yang Tuhan miliki untuk hidup saya, bukan rencana orang lain untuk hidup saya. "

Sekarang, resolusi kedua yang perlu Anda buat adalah berikut ini: Pilih rasa sakit jangka pendek untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. Siapa pun yang pernah bertanding dalam kejuaraan olahraga pasti tahu hal ini. Anda harus berlatih dan bekerja keras untuk berkompetisi dalam pertandingan. Anda tak bisa menang jika tanpa latihan. Jika Anda ingin menjadi ahli dalam segala hal, maka Anda harus memilih untuk menderita saat ini untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. 

Itu bukan hanya berlaku dalam olahraga, tapi itu juga berlaku dalam finansial dan dalam hubungan. Saya memiliki pernikahan yang baik, tetapi Kay dan saya harus terlebih dahulu bekerja keras mengusahakannya selama bertahun-tahun. Itu tidak mudah. Anda harus berusaha untuk membuat pernikahan Anda berhasil, sama seperti hal-hal lainya dalam hidup.

Mengapa resolusi ini penting dalam hidup Anda? Sebab sebagian besar masalah dalam kehidupan berasal dari ketidakmampuan kita untuk menunda rasa puas. Segala yang ada di masyarakat kita mengajarkan kita untuk berkata, "Saya ingin segalanya, dan saya menginginkannya sekarang juga, gratis dan mudah didapat." Hidup ini tidak bekerja seperti itu!

Musa mengambil keputusan ini: "Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa" (Ibrani 11:25). Alkitab mengatakan bahwa ia memilih untuk menderita - menanggung rasa sakit yang sementara untuk memperoleh keuntungan kekal karena melakukan kebaikan.

Anda akan mengalami rasa sakit dalam hidup ini. Tetapi jika Anda memilih untuk menjalani hal yang sulit sekarang dan berusaha keras serta disiplin untuk belajar, tumbuh, menjadi kuat dan untuk menjadi dewasa di dalam iman, maka di kemudian hari Anda akan mendapatkan manfaat dari semua usaha Anda itu.

Saat ini, saya tengah menikmati manfaat dari keputusan yang saya buat waktu saya berusia 20-an: Tidak menghabiskan lebih banyak dari yang saya hasilkan, menabung, memberi perpuluhan, dan memuliakan Allah. Bertahun-tahun sejak saat itu saya menikmati manfaatnya sebab saya mau didisplinkan oleh Tuhan. Saya melakukan hal yang sulit dahulu. 

Ketika Anda memilih untuk melalui rasa sakit sementara, seperti apa yang dilakukan Musa, maka Anda akan melihat Allah membebaskan Anda sehingga Anda dapat menikmati upah yang kekal. 

Renungkan hal ini:
- Kesulitan jangka pendek apa yang tengah Anda hadapi saat ini yang membutuhkan perspektif Surgawi?
- Bagaimana Anda melihat keputusan-keputusan sulit yang telah Anda buat atau waktu yang telah Anda habiskan untuk berusaa memperoleh upah jangka panjang?
- Menurut Anda, mengapa Tuhan ingin Anda memilih menjalani kesukaran saat ini, bahkan apabila itu berarti Anda harus menderita atau menanggung kesengsaraan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 5-7; Galatia 2


Tidak ada sesuatu yang berharga akan kita dapatkan tanpa pengorbanan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top