Anda Tidak Harus Sempurna untuk Dipakai Tuhan

| Sabtu, Oktober 13, 2018 |
2 Timotius 2:21 "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia."

Jika Anda ingin dipakai Tuhan, bersihkan hati Anda.

Anda tak harus jadi orang yang sempurna, tetapi Anda harus punya hati yang suci. Alkitab mengatakan dalam 2 Timotius 2:21, "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia."

Tuhan memakai berbagai macam orang. Dia memakai orang yang pemalu. Dia memakai orang yang supel. Dia memakai orang-orang dari berbagai ras, usia, tahap kehidupan, dan latar belakang. Dia memakai pria dan wanita. Tuhan akan memakai baik bejana biasa atau bejana berhiaskan berlian. Dia akan menggunakan baik bejana besar atau bejana kecil. Tetapi ada satu hal yang Tuhan tidak akan gunakan: Dia tidak akan menggunakan bejana yang kotor. Anda harus bersih di dalam. 

Bagaimana cara melakukannya? Bagaimana Anda menyucikan diri Anda sendiri? Melalui satu kata sederhana: mengakui. Santo Agustinus berkata, "Mengakui perbuatan buruk adalah permulaan dari perbuatan baik." Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 1: 9, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Kata mengaku dalam bahasa Yunani adalah homologeo. Homo berarti "sama," dan logeo berarti "berbicara." Jadi homologeo secara harfiah berarti "berbicara hal yang sama tentang dosa saya, sama seperti apa yang Tuhan katakan." Itu artinya Anda sepakat dengan Dia: "Tuhan, Engkau benar. Itu bukan kecerobohan. Itu bukan kesalahan. Itu dosa. Dan itu salah." Itu bukan berarti Anda mencoba tawar-menawar dengan Tuhan ("Saya tidak akan pernah melakukannya lagi "). Itu juga bukan berarti Anda mencoba menyuap Tuhan ("Saya janji akan membaca Alkitab setiap hari jika Engkau mau memaafkan saya").

Akui saja dosa Anda. 

Itu mungkin kelihatannya terlalu sederhana buat Anda. Anda mungkin berkata, "Jadi saya hanya perlu mengakuinya, dan Tuhan akan mengampuni saya?" Ya! Itu yang disebut anugerah!

Ini saran saya jika Anda benar-benar mau diapakai Tuhan: Luangkan waktu minggu ini untuk duduk, dengan pena dan selembar kertas, lalu katakan, "Tuhan, apa yang salah dalam hidup saya? Perlihatkanlah kepada saya. Saya akan menuliskannya, dan saya akan mengakuinya. Saya akan mengakuinya kepada-Mu." Kemudian, ketika Tuhan memberi Anda nubuat, tuliskankanlah.

Pertama kali saya melakukan ini, saya hampir bisa menulis buku! Dan saya sudah melakukannya berkali-kali semenjak saat itu. Catatlah semua dosa dan kecacatan Anda itu, dan kemudian tulis 1 Yohanes 1: 9 di atasnya, dan katakan, "Tuhan, saya mengakui ini semua kepada-Mu. Ini salah. Saya ingin menyingkirkannya dari hidup saya." Minta Tuhan untuk membersihkan hidup Anda. Tuhan akan mengampuni Anda!

Inilah titik awal untuk dipakai oleh Tuhan. Anda harus menyucikan hati Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa yang perlu Anda ubah dengan jadwal kegiatan Anda supaya Anda dapat meluangkan waktu setiap hari dalam minggu ini untuk menuliskan pengakuan Anda?
- Anda mungkin sulit menuliskan pengakuan Anda kepada Tuhan setiap hari seumur hidup Anda, tetapi pola apa yang bisa mulai Anda buat dengan melakukan ini?
- Apa perbedaan antara kesalahan dan dosa?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 63-66; Kolose 2 : 16-23


Tuhan mau memakai orang dengan hati yang sederhana dan bersyukur.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top