Tuhan Menciptakan Gereja untuk Menjadi Sebuah Keluarga

| Sabtu, Oktober 06, 2018 |
Roma 12: 5 "Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain."

Gereja bukan hanya membantu Anda untuk berpusat pada Tuhan, tetapi juga membantu Anda untuk saling berhubungan dengan orang percaya lainnya.

Tuhan tidak menempatkan Anda di sini untuk menjalani kehidupan yang terisolasi. Selagi Anda di Bumi, Tuhan ingin Anda belajar untuk mengasihi orang lain, dan Ia ingin Anda berlatih mengasihi orang lain dalam keluarga-Nya. Alkitab mengatakan, "Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain" (Roma 12: 5). Ada sebuah ikatan begitu Anda menjadi anak Allah; Anda menjadi saudara bagi sesama anggota keluarga Allah lainnya. 

Apa yang dimaksud dengan Tubuh Kristus? Yaitu orang-orang pilihan Kristus. Masing-masing kita memiliki makna dan fungsi sebagai bagian dari Tubuh-Nya. Tapi sama halnya jika sebuah jari tangan atau sebuah jari kaki terpotong, maka tubuh tidak akan bekerja dengan baik.

Kehidupan spiritual Anda tidak berarti apa-apa jika Anda terputus dari keluarga Allah. Apabila jari tangan saya terpotong, itu bukan hanya tidak akan lagi tumbuh, tapi itu juga tidak akan hidup. Karena itulah jari harus terhubung ke tubuh. Sama halnya dengan kita, jika kita ingin tumbuh secara spiritual dan melaksanakan panggilan Tuhan atas kita, maka kita saling membutuhkan satu sama lain di dalam kesatuan Tubuh Kristus. 

Departemen Kesehatan Mental California pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa jika Anda mengisolasi diri dari orang lain dan tidak membangun pertemanan yang erat seperti dalam kelompok kecil, maka Anda punya tiga kali kemungkinan lebih besar untuk meninggal lebih cepat. Anda punya empat kali kemungkin lebih besar untuk mengalami kelelahan emosional. Anda punya lima kali kemungkinan lebih besar untuk mengalami depresi. Dan Anda punya 10 kali kemungkinan lebih besar untuk dirawat di rumah sakit akibat dari gangguan emosi atau gangguan mental. Maka, demi kesehatan mental Anda sendiri, bersekutulah di dalam kelompok kecil! Jadilah bagian dari keluarga Tuhan. Saling terhubunglah!

"Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah," (Efesus 2:19).

Renungkan hal ini:
- Apa saja tantangan yang Anda hadapi selama mengikuti rencana Tuhan atas Anda dalam hal mengasihi orang percaya lainnya di sini di Bumi?
- Bagaimana arti hidup Anda berubah setelah Anda memandang diri Anda sebagai bagian dari Tubuh Kristus?
- Bagaimana pertumbuhan rohani Anda semenjak Anda terhubung dengan Tubuh Kristus?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 33-36; Filipi 2 : 19-30


Dalam Kristus kita adalah satu tubuh dengan banyak anggota, namun dialiri dalam satu darah, darah Kristus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top