Mengapa Anda Membutuhkan Keluarga Gereja

| Jumat, Oktober 05, 2018 |
2 Korintus 5:14 "Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati."

Anda tidak dapat melaksanakan lima tujuan (ibadah, persekutuan, pemuridan, pelayanan, penginjilan) seorang diri. Hidup ini tidak bekerja dengan usaha Anda sendiri. Anda diciptakan sebagai mahluk sosial. Satu-satunya cara agar Anda dapat melaksanakan kelima tujuan Allah ialah dengan bersekutu bersama orang-orang dalam hidup Anda yang memberi Anda masukan rohani. Anda butuh keluarga gereja!

Mengapa? Sebab keluarga gereja membantu Anda untuk memusatkan hidup Anda pada Tuhan.

Allah tidak menempatkan Anda di Bumi ini untuk menjalani kehidupan yang terpusat pada diri Anda sendiri. Tujuan Dia menciptakan Anda yaitu untuk membangun hidup Anda bersama dengan Dia. Anda dirancang untuk memuliakan Tuhan. Dia menciptakan Anda untuk mengasihi Anda, dan Dia ingin Anda mengasihi-Nya kembali. Kata-Nya, "Aku ingin menjadi pusat hatimu. Aku ingin menjadi fokus pikiranmu. Aku ingin menjadi pusat hidupmu. Aku ingin menjadi poros kehidupanmu."

Alkitab mengatakan, "Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati" (2 Korintus 5:14).

Bagaimana Anda bisa tau apakah Kristus telah menjadi pusat kehidupan Anda atau belum? Ketika Anda tak lagi khawatir. Filipi 4: 7 mengatakan, "Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus." Ada kata yang tepat untuk menggambarkan hal ini: ibadah. Kapan pun Anda memusatkan hidup Anda pada Tuhan, artinya Anda tengah beribadah memuliakan Dia. Dan ibadah adalah obat penangkal kekhawatiran. Jika Anda ingin kekhawatiran Anda berkurang, lebih seringlah beribadah. 

Kapan kita harus beribadah? Alkitab mencatat, "Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah sabat bagi TUHAN di segala tempat kediamanmu" (Imamat 23: 3). Seolah Tuhan berkata, "Sekali seminggu, Aku ingin engkau berkumpul dengan orang percaya lainnya untuk memfokuskan pikiranmu kembali, menyesuaikan diri kembali, dan memusatkan kembali hidupmu kepada-Ku."

Di mana kita harus melakukannya? Kisah Para Rasul 2:46 memberitahu kita, "Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati," Itu berarti berkumpul di gereja sekitar lingkungan kita. 

Anda lihat, bukan? Allah menciptakan Anda untuk menjadi bagian dari keluarga gereja. Mereka membantu Anda untuk tetap fokus dan memusatkan hidup Anda pada Tuhan, sehingga Anda dapat menggenapi tujuan-Nya atas Anda.

Renungkan hal ini:
- Beribadah merupakan obat penangkal kekhawatiran. Apabila Anda ingin lebih jarang khawatir, lebih seringlah beribadah. Minggu ini, ketika Anda mulai khawatir, sembah dan pujilah Tuhan.
- Menurut Anda, bagaimana kehidupan Anda akan berubah jika Anda konsisten (atau lebih konsisten) dalam menempatkan Kristus sebagai pusat kehidupan Anda?
- Bagaimana keluarga gereja dapat membantu Anda untuk memusatkan hidup kembali kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 29-32; Filipi 2 : 1-18


Keluarga adalah pondasi awal kehidupan kita dan menerapkan prinsip hidup kita selamanya. Milikilah dan masuklah dalam bagian keluarga Allah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top