Tetapkan Empat Tujuan Berikut untuk Semakin Tumbuh Seperti Yesus

| Sabtu, Desember 29, 2018 |
Efesus 5: 15-17 "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan."

Apakah Anda ingin menjadi lebih sehat? Ingin lebih banyak beristirahat dan lebih sedikit stres? Apakah Anda ingin lebih dekat dengan Tuhan? Dengan orang lain?

Anda tidak hanya harus melakukan kebaikan, tapi Anda juga harus melakukannya dengan niat dan rencana. Anda harus menetapkan tujuan, dan kemudian berkomitmen untuk melaksanakannya setiap hari.

Alkitab mengatakan bahwa Yesus tumbuh dalam empat hal: "Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia" (Lukas 2:52).

Apabila Anda ingin menjadi seperti Yesus, maka Anda harus bertumbuh secara intelektual, fisik, relasional, dan spiritual. Saat Anda membaca keempat poin berikut, pikirkan satu tujuan yang akan Anda capai untuk diri Anda di setiap area pertumbuhan ini.

1. Tetapkan tujuan untuk pertumbuhan intelektual. 

Amsal 19: 8 mengatakan, "Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya; siapa berpegang pada pengertian, mendapat kebahagiaan." Anda tidak boleh berhenti belajar. Akal pikiran tidak boleh disia-siakan! Apa satu hal yang paling suka Anda pelajari? Itu tidak harus hal spiritual. Mungkin ada buku yang ingin Anda coba baca. Mungkin ada kelas yang ingin Anda ikuti. Mungkin Anda selalu ingin terpanggil untuk mempelajari bahasa lain. Sekaranglah saatnya untuk melakukannya!

2. Tetapkan tujuan untuk pertumbuhan fisik.

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 6: 19-20, "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" Allah ingin Anda menghormati-Nya dengan tubuh Anda, sebab di sanalah Ia tinggal. Apa yang bisa Anda lakukan untuk menetapkan tujuan di area ini? Apa yang bisa Anda lakukan untuk menyehatkan tubuh Anda? Jangan membuat gol yang tidak realistis, sebab Anda hanya akan berakhir dengan kekecewaan. Anda mungkin perlu melakukan aktivitas fisik, seperti tidur lebih awal, mengubah kebiasaan makan, atau berjalan setelah istirahat makan siang.

3. Tetapkan tujuan dalam pertumbuhan sosial.

Filipi 1: 9 mengatakan, "Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian." Pelajaran terbaik yang bisa Anda pelajari ialah bagaimana caranya mengasihi Allah dan orang lain sebab itulah arti hidup ini! Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat? Apakah Anda perlu bergabung dengan persekutuan kecil? Memulihkan hubungan? Menawarkan pengampunan atau meminta pengampunan? Mengundang teman baru untuk makan? Ingatlah untuk membuat tujuan yang spesifik.

4. Tetapkan tujuan untuk pertumbuhan rohani.

Alkitab berkata dalam 2 Petrus 3:18, "Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya." Saya mendapati dalam hidup saya bahwa tujuan terkecil yang saya tetapkan di area ini mendatangkan manfaat yang paling luar biasa. Tanyakan ini pada diri Anda, "Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat sebuah perbedaan besar?" Bahkan hal terkecil sekalipun bisa membuat perbedaan besar. Apa yang selama ini Anda tunda-tunda lakukan yang berhubungan dengan pertumbuhan rohani Anda? Kerjakan hal itu dulu. 

Buatlah sebuah catatan kecil tentang tujuan Anda, dan kemudian tempelkan di kulkas atau di cermin Anda. Lihatlah itu setiap hari. Doakan itu. Baca itu kembali. Bagikan itu kepada rekan spiritual Anda. Gunakan tujuan-tujuan itu untuk membantu Anda mengenal Yesus lebih baik lagi dan untuk semakin tumbuh serupa dengan gambar-Nya.

"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan" (Efesus 5: 15-17).

Renungkan hal ini:
- Luangkan waktu hari ini untuk duduk dan menuliskan setidaknya satu tujuan dari keempat area di atas. Pastikan tujuan-tujuan itu dijalankan dengan iman: yang terfokus, dapat dilaksanakan, sifatnya personal, dapat terukur, dan tulus.
- Siapa yang dapat mendorong Anda dan yang bisa membimbing Anda ketika Anda mengupayakan tujuan Anda?
- Dari keempat area di atas, mana yang selama ini Anda tunda-tunda lakukan untuk pertumbuhan rohani Anda? Mengapa?



Bacaan Alkitab Setahun :
Maleakhi 2; Wahyu 19


Kita diciptakan untuk menjadi serupa dengan Yesus Kristus, jadi mari kita jadikan Tuhan sebagai teladan pertumbuhan rohani kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top