Kasih Mengubah Pekerjaan Menjadi Pelayanan

| Jumat, Desember 28, 2018 |
Titus 3:14 "Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah."

Jika Anda seorang pengikut Yesus, cara Anda memperlakukan pekerjaan Anda haruslah benar-benar berbeda dari orang lain.

Alkitab mengatakan dalam Titus 3:14, "Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah." Bagi orang Kristen, ada dua tujuan pekerjaan: untuk berbuat baik (yang disebut pelayanan) dan untuk memenuhi kebutuhan hidup (yang disebut produktivitas). Tuhan ingin Anda menjadi produktif dalam pekerjaan Anda, dan Dia ingin Anda melayani melalui pekerjaan Anda.

Bertahun-tahun lalu, salah satu buku terlaris di Amerika adalah The Dilbert Principle, yaitu sebuah buku tentang bisnis yang menggunakan berdasarkan ilustrasi komik Dilbert. Buku ini bercerita tentang seorang pria yang bekerja di kantor namun pada dasarnya ia tak berguna. Buku ini berisikan topik-topik seperti "Meremehkan Rekan Kerja Anda," "Mendapat Pujian atas Pekerjaan Orang Lain," "Melebih-Lebihkan Bakat Anda," dan "Menggunakan Komputer agar Terlihat Sibuk."

Yang membuat komik Dilbert sangat lucu (tidak terlalu lucu, jika dipikir-pikir) adalah itu benar-benar mendeskripsikan apa yang terjadi di tempat kerja kebanyakan. Banyak orang pada dasarnya hanya datang untuk menghabiskan waktu di tempat kerja. Mereka terus-menerus memperhatikan jam, menunggu hari itu selesai sehingga mereka bisa pulang. Mereka tidak menikmati pekerjaan mereka, dan tentu saja mereka tidak menghasilkan apa-apa.

Di sisi lain, ada buku berjudul Alkitab. Alkitab mengatakan Tuhan tidak ingin Anda hanya menghabiskan waktu dalam pekerjaan Anda. Dia ingin Anda menghargai kehidupan ini. Dia ingin Anda membuat dampak dengan hidup Anda. Dia ingin Anda terus memberi pengaruh positif kepada orang lain. 

"Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya" (Efesus 2:10).

Lalu, bagaimana caranya menjadikan pekerjaan Anda sebagai sebuah pelayanan? Alkitab berkata, "Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!" (1 Korintus 16:14). Kunci untuk mengubah pekerjaan Anda menjadi sebuah pelayanan bukanlah apa yang Anda lakukan, tetapi bagaimana Anda melakukannya. Ketika Anda melakukan pekerjaan Anda dengan sikap yang penuh kasih, maka itu mengubah pekerjaan yang biasa-biasa saja — terlepas dari apa pun pekerjaan Anda— menjadi sebuah pelayanan.

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda, apakah Tuhan memberi Anda pekerjaan Anda sebagai sebuah anugerah dan kesempatan untuk melayani Dia? Bagaimana kebenaran ini tercermin dari sikap Anda atas pekerjaan Anda?
- Mengapa sikap yang fokus pada pelayanan di tempat kerja menarik perhatian orang lain? Bagaimana hal itu membuat Anda menonjol dalam pekerjaan Anda?
- Apa saja cara praktis yang bisa Anda pakai untuk menunjukkan kasih Allah di tempat kerja Anda hari ini?



Bacaan Alkitab Setahun :
Maleakhi 1; Wahyu 18


Kita diselamatkan untuk melayani. Kita diciptakan untuk melakukan pelayanan! Apa pun pekerjaan Anda, Tuhan ingin Anda menggunakannya untuk membantu orang lain. Kita melayani Tuhan dengan melayani orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top