Pikiran Anda Mengendalikan Hidup Anda

| Jumat, Januari 11, 2019 |
Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Kita ingin Tuhan mengangkat semua masalah, rasa sakit, kesedihan, penderitaan, penyakit, dan duka kita. Tetapi Tuhan ingin bekerja di dalam Anda terlebih dahulu, karena transformasi tidak akan terjadi dalam hidup Anda sampai Anda memperbarui pikiran Anda, sampai pikiran Anda mulai berubah.

Mengapa begitu penting untuk mengelola pikiran Anda? Biarkan saya memberi Anda tiga alasan. 

1. Kelola pikiran Anda karena pikiran Anda mengendalikan hidup Anda.

Amsal 4:23 mengatakan, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." Pikiran Anda punya kemampuan luar biasa untuk membentuk hidup Anda - baik atau buruk. Misalnya, Anda mungkin menerima pemikiran yang dikatakan seseorang ketika Anda beranjak dewasa: "Kau tidak berharga. Kau tidak ada apa-apanya." JIika Anda menerima ide itu, meskipun itu salah, itu telah membentuk hidup Anda. Anda harus memilih pemikiran apa yang akan Anda biarkan mempengaruhi Anda, apakah itu baik atau buruk.

2. Kelola pikiran Anda karena pikiran Anda adalah medan pertempuran dosa.

Semua godaan terjadi di dalam pikiran Anda. Paulus berkata dalam Roma 7: 22-23, "Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."

Satu alasan Anda lelah secara mental ialah karena ada pertempuran di otak Anda selama 24 jam sehari. Hal ini melemahkan sebab itu pengaruhnya amat kuat sebab pikiran Anda merupakan asset terbesar Anda. Setan menginginkan aset terbesar Anda!

3. Kelola pikiran Anda karena itu adalah kunci menuju kedamaian dan kebahagiaan.

Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan ketegangan. Pikiran yang terkendali menuntun Anda pada ketenangan jiwa. Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan konflik. Pikiran yang terkendali memimpin pada kepercayaan diri. Ketika Anda tidak berusaha mengendalikan pikiran dan bagaimana Anda mengarahkan pikiran Anda, maka Anda akan mengalami stres yang luar biasa besar dalam hidup Anda. Tetapi sebaliknya, pikiran yang terkendali mendatangkan kekuatan, rasa aman, dan ketenangan jiwa. 

"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera" (Roma 8: 6).

Renungkan hal ini: 
- Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda dengan hal-hal yang menyenangkan Allah? Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang mengecewakan Allah?
- Bagaimana Anda bisa berlatih mengelola pikiran Anda?
- Apa peran yang dimainkan Alkitab dalam mengelola pikiran Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 20-22; Matius 6:19-34


Tuhan jauh lebih tertarik mengubah pikiran Anda, daripada mengubah keadaan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top