Lepaskan Hal-Hal yang Menahan Anda

| Selasa, Februari 25, 2014 |
Ibrani 12:1b "Marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."


Jika Anda mau menyelesaikan perlombaan kehidupan, jika Anda mau mencapai garis finish, maka Anda harus melepaskan beberapa hal yang mungkin merintangi Anda untuk memenangkan lomba tersebut.
Sebut saja menguraikan benang kusut, atau menyederhanakan.
Ada beberapa hal yang perlu dikesampingkan untuk menyelesaikan lomba dengan baik.


Apa hal-hal yang saya bicarakan disini?
Hal-hal yang menyebabkan Anda berkecil hati.
Berpikirlah seperti ini : Jika menggunakan satu baterai untuk menyalakan 1 lampu, maka baterai akan bertahan untuk waktu yang lama.
Tapi jika Anda memasang 100 lampu menggunakan 1 baterai, maka lampu itu akan meredup, dan mati dengan cepat.


Saat Anda terus menambahkan hal-hal baru ke dalam jadwal Anda dan ke dalam hidup Anda, maka Anda akan cepat lelah dan menjadi mudah patah semangat.


Dalam ayat kita hari ini dari Ibrani 12:1b, saya ingin fokus pada dua kata, "beban" dan "dosa" sebab itu merupakan dua hal yang menghambat Anda dalam perlombaan kehidupan.


Beban adalah segala sesuatu yang memperlambat Anda. Ini bisa berupa hubungan, pekerjaan, aktivitas, atau olahraga - ia bukan harus sesuatu yang buruk.
Beban bisa berupa sesuatu yang baik, tetapi jika Anda mendapatkan terlalu banyak hal yang baik dalam hidup Anda, Anda akan tumbang, karena Anda tidak punya waktu untuk mengerjakan itu semua.
Anda perlu belajar untuk berkata "tidak" untuk bertumbuh.
Allah tidak mengharapkan Anda untuk melakukan semuanya.


Beban juga bisa berupa ekspektasi yang tidak masuk akal, yang berasal dari dorongan untuk mengimbangi rekan sekerja atau dari keinginan untuk menyenangkan seseorang, atau bisa jadi berupa kenangan masa lalu.
Anda amat mungkin terjebak dalam kenangan masa lalu, dengan masih mengingat- ingat kebahagiaan atau kepahitan yang pernah Anda rasakan.
Masalahnya adalah bahwa Anda tidak bisa hidup di masa lalu atau bahkan di masa depan, Anda hanya bisa hidup di saat ini.
Jadi, melakukan itu semua hanya akan membuat Anda kewalahan.


Apapun bentuk beban itu, jika tidak ada gunanya dalam hidup Anda, ia hanya akan membuat Anda putus asa; Anda harus rela melepaskannya.


Mengidentifikasi dosa begitu mudah, bukan?
Dosa adalah hal-hal yang Anda tahu harus dilakukan, tapi tidak Anda lakukan untuk dilakukan.
Anda tahu kunci gaya hidup sehat atau menjaga kesehatan finansial.
Tapi apakah Anda melakukannya?


Yakobus 4:17 mengatakan, "Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa."


Jadi jika Anda tahu harus menghabiskan lebih sedkit dari pendapatan Anda untuk menjaga manajemen keuangan Anda, jadi jangan berbelanja gila-gilaan yang bisa membuat Anda terlilit hutang.
Anda tidak perlu hidup seperti tetangga Anda, atau siapa pun yang harus Anda tandingi.
Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit.


Hiduplah sesuai dengan pemasukan Anda, agar Anda dapat bebas dari jerat utang dan menjalankan perlombaan hidup ini dengan baik.


Renungkan hal ini


- Beban apa yang harus Anda buang hari ini?

- Perubahan apa saja yang harus Anda buat dalam gaya hidup Anda agar dapat menjalankan perlombaan hidup Anda dengan baik?

____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 9-11; Markus 5:1-20
____________________________________

Apapun bentuk beban itu, jika tidak ada gunanya dalam hidup Anda, ia hanya akan membuat Anda putus asa; Anda harus rela melepaskannya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top