Setan Tidak Peduli dengan Pendalaman Alkitab

| Senin, April 14, 2014 |

Matius 7:24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu."

Menerima, membaca, meneliti, mengingat, dan merenungkan Firman Tuhan, semua itu menjadi sia-sia jika kita gagal mempraktekkannya. Kita harus menjadi pelaku Firman (Yakobus 1:22).

Saya mengerti ini satu langkah yang tak mudah, karena Iblis berusaha habis-habisan untuk menggagalkannya.
Iblis tidak keberatan Anda pergi mengikuti pendalaman Alkitab, selama Anda tidak melaksanakan apa pun yang sudah Anda pelajari.

Kita menipu diri sendiri bila berasumsi jika hanya karena telah mendengar atau membaca atau mempelajari kebenaran Firman Tuhan, kita telah bersatu di dalam-Nya.

Sebenarnya, karena begitu sibuknya Anda mengikuti kelas atau seminar atau konferensi Alkitab, Anda amat mungkin tidak punya waktu untuk menerapkan apa yang sudah Anda pelajari.
Anda lupa dengan apa yang Anda pelajari dalam perjalanan menuju studi Alkitab berikutnya.
Tanpa implementasi, semua studi Alkitab yang kita lakukan tidak ada artinya.
Yesus berkata, Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu (Matius 7:24).

Yesus juga menunjukkan bahwa berkat Tuhan datang dari menaati, bukan hanya dari mendengar Firman-Nya.
Dia berkata, Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya (Yohanes 13:17).

Saya tidak bisa melebih-lebihkan betapa berartinya menjadi bagian dari kelompok studi Alkitab.
Kita selalu belajar dari orang lain tentang kebenaran yang tidak akan pernah kita pelajari sendiri.
Orang lain akan membantu kita melihat pemahaman baru yang mungkin terlewatkan, dan membantu kita menerapkan kebenaran-Nya dengan cara yang praktis.

Cara terbaik untuk menjadi pelaku Firman adalah dengan selalu menuliskan langkah tindakan yang akan Anda ambil sebagai hasil dari membaca atau belajar atau merenungkan Firman Tuhan.
Budayakan kebiasaan menuliskan apa yang ingin Anda lakukan.

Langkah tindakan ini harus bersifat pribadi (melibatkan Anda), praktikal (sesuatu yang dapat Anda lakukan), dan dapat dibuktikan (melakukan dengan tenggat waktu).
Setiap tindakan yang Anda lakukan akan melibatkan, baik relasi Anda dengan Tuhan, relasi Anda dengan orang lain, atau dengan karakter pribadi Anda.

Renungkan hal ini:

- Apa yang telah Tuhan beritahu untuk Anda lakukan yang hingga saat ini belum Anda mulai lakukan?
- Hari ini, mulailah mencatat dan mengikuti langkah tindakan yang akan Anda ambil sebagai bagian dari studi Alkitab Anda.

Cara terbaik untuk menjadi pelaku Firman adalah : selalu menuliskan langkah tindakan yang akan Anda ambil sebagai hasil dari membaca, belajar atau merenungkan Firman Tuhan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top