Sebelum Allah Berbicara, Putuskan untuk Berkata Iya

| Rabu, April 11, 2018 |
Lukas 8:15 "Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Allah berbicara kepada orang-orang yang memutuskan untuk melakukan apa yang Dia perintahkan, bahkan sebelum Dia memberitahu mereka. Katakan, "Tuhan, jika Engkau ingin aku pindah, maka aku akan pindah. Jika Engkau ingin aku menikah, maka aku akan menikah. Jika Engkau ingin aku meninggalkan pekerjaan ini, maka aku akan meninggalkan pekerjaan ini. Meskipun bahkan sebelum Engkau menyuruhku, jawabanku adalah 'iya.' Apa pun yang Engkau mau aku lakukan, aku akan melakukannya."

Lukas 8:15 mengatakan, "Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Dulu saya mempelajari tentang perumpamaan Yesus ini, dan saya beranggapan perumpamaan ini berbicara tentang empat tipe orang: mereka yang melawan, mereka yang dangkal, mereka yang sibuk, dan mereka yang baik.

Tetapi sesungguhnya, perumpamaan ini mewakili empat sikap manusia. Bahkan, Anda dapat memperlihatkan keempat sikap ini di hari yang sama! Satu momen Anda berkata, "Tuhan, aku tidak ingin mendengar-Mu, karena aku tahu apa yang hendak Engkau katakan." Kemudian di momen berikutnya Anda berkata, "Tuhan, tolong segera beri tahu aku." Kemudian Anda mendengar apa yang Tuhan perintahkan dan berpikir itu satu hal yang bagus tetapi Anda tidak melaksanakannya. Mungkin buahnya mulai muncul di dalam hidup Anda, tapi kemudian Anda sibuk dengan pekerjaan atau sekolah Anda atau anak-anak Anda, dan ilalang pun tumbuh menekan Anda. Kemudian di kesempatan yang lain, Anda berseru, "Tuhan, lakukan apa pun yang Engkau mau. Aku akan benar-benar bersandar kepada-Mu."

Tuhan ingin Anda memiliki sikap ketaatan agar Anda dapat menghasilkan buah – istilah Alkitabiah untuk kesuksesan. Tuhan ingin Anda berbuah dalam bisnis Anda, keluarga Anda, persahabatan Anda, hubungan Anda dengan Tuhan, hubungan Anda dengan orang lain, dan juga kesehatan Anda.

Lalu bagaimana caranya berbuah ketika Tuhan memberitahu Anda sesuatu? Dengan mewartakannya. Ketika Tuhan memberi tahu Anda sesuatu, cara tercepat untuk menjadikannya berbuah dalam hidup Anda ialah dengan berbagi kepada orang lain apa yang baru saja Anda pelajari.

Terjemahan lain dari Lukas 8:15 berbunyi, "Tetapi tanah yang subur menggambarkan orang yang jujur dan berhati baik. Mereka mendengar firman Allah serta berpegang teguh pada firman itu dan menghasilkan buah" (Firman Allah Yang Hidup). 

Tuhan ingin Anda mewartakannya kepada orang lain tentang apa yang Anda pelajari.

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana Anda mengembangkan sikap "Iya, Tuhan," yang menggambarkan Anda siap untuk taat, meski apapun yang Tuhan perintahkan?
- Apa bukti 'buah' dalam hidup Anda?
- Siapa saja dalam hidup Anda yang dapat Anda wartakan tentang apa yang Tuhan sedang ajarkan kepada Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 17-18; Lukas 11:1-28


Percayakan hidup Anda pada Tuhan, maka apa pun yang Tuhan katakan selalu yang terbaik untuk Anda, ucapkan Ya dan Amin untuk semua yang terjadi dalam hidup Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top