Dua Pertanyaan Tentang Tujuan Anda

| Rabu, Januari 02, 2019 |
1 Korintus 10:31 "Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah."

Bagaimana Anda tahu tujuan seperti apa yang akan diberkati Tuhan? Tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini pada diri Anda sendiri: 

1. "Apakah tujuan saya akan memuliakan Tuhan?"
Tujuan seperti apa yang akan membawa hormat dan kemuliaan bagi Allah? Tujuan yang akan membuat Anda lebih percaya kepada-Nya, lebih bergantung kepada-Nya, lebih mengasihi Dia, lebih mengasihi orang lain, melayani Dia, melayani orang lain, yang membuat Anda tidak mementingkan diri sendiri.

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 10:31, "Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah." Segala sesuatunya dapat kita lakukan untuk memuliakan Tuhan. Anda dapat memuliakan Tuhan dengan membuang sampah. Anda dapat memuliakan Tuhan dengan mencuci piring. Anda dapat memuliakan Tuhan dengan melakukan tugas-tugas duniawi Anda di tempat kerja. Bagaimana bisa? Bila Anda melakukannya karena alasan yang benar: untuk mengucap syukur. Bila Anda ingin hidup Anda mendatangkan hormat kemuliaan bagi Tuhan, tetapkanlah tujuan-tujuan yang akan membantu Anda melakukan yang terbaik untuk Dia. 

2. "Apakah tujuan saya berlandaskan kasih?"
Tuhan tidak akan memberkati tujuan yang dimotivasi oleh keserakahan, iri hati, rasa bersalah, ketakutan, atau kesombongan. Tetapi Dia akan menghargai tujuan yang dimotivasi oleh keinginan untuk menunjukkan kasih kepada-Nya dan kepada orang lain sebab hidup ini adalah tentang belajar mengasihi. 

Mengapa begitu penting menetapkan tujuan yang didorong oleh kasih? Sebab jika tidak, maka Anda akan memperlakukan orang lain sebagai sebuah proyek. Anda akan menjatuhkan mereka untuk mencapai tujuan Anda. Anda akan menjatuhkan pasangan Anda, anggota keluarga Anda, teman-teman Anda, dan orang lain demi menaiki tangga kesuksesan Anda. Namun Tuhan berkata, "Tidak, engkau salah. Ini bukan soal pencapaian atau kesuksesan. Ini tentang relasi. Ini tentang belajar bagaimana mengasihi."

"Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!" (1 Korintus 16:14). Tujuan utama Anda dalam hidup ini ialah belajar mengasihi keluarga Anda, tetangga Anda, dan bahkan mereka yang sulit untuk dikasihi. Itu akan membuat Anda semakin serupa seperti Allah, sebab Allah adalah kasih. 

Renungkan hal ini:
- Tujuan-tujuan apa yang akan Anda buat untuk diri Anda di tahun ini? Bagaimana agar tujuan tersebut sejalan dengan dua pertanyaan tadi?
- Apakah sikap Anda terhadap pekerjaan sehari-hari berubah ketika Anda memandang bahwa segala sesuatunya dapat dilakukan untuk kemuliaan Tuhan?
- Sudahkah Anda merenungkan apakah tujuan-tujuan Anda selama ini telah memberi dampak yang positif bagi orang lain? Bagaimana tujuan-tujuan Anda tersebut akan berubah?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 4-6; Matius 2


Menetapkan tujuan amatlah penting. Namun tidak semua tujuan yang bisa Anda buat baik adanya dan akan diberkati Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top