Jangan Biarkan Kesendirian Anda Memimpin Anda pada Kepahitan

| Sabtu, November 02, 2019 |
Jangan Biarkan Kesendirian Anda Memimpin Anda pada Kepahitan

2 Timotius 4:16 "Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--,"

Paulus berkata dalam 2 Timotius 4:16, "Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--," Paulus, salah satu pengikut Yesus terhebat yang pernah ada, diadili di Roma dimana tak ada seorang pun jemaatnya di Roma yang maju untuk membelanya. Tak ada satu pun! Dia benar-benar sendirian. Tidak ada yang berani bersaksi untuknya dan berkata, "Paulus orang baik. Dia bukan orang jahat."

Namun, Paulus tidak berkata, "Dasar, para pecundang itu—setelah semua yang sudah kulakukan untuk mereka selama ini!" Sebaliknya, Paulus berseru, "Kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka." Singkat kata, ia tidak akan membiarkan dirinya menyimpan kepahitan. Sebab kepahitan hanya akan selalu memperburuk kesendirian.

Ini hanyalah salah satu cara yang Paulus ajarkan kepada kita tentang bagaimana menjalani hidup saat kita menghadapi musim kesendirian. Ketika Anda merasa seorang diri, Anda perlu meminimalkan rasa sakit Anda. Jangan terpaku pada kesendirian Anda, dan doakanlah. Jangan memutarnya berulang-ulang kali di pikiran Anda. Sebab jika Anda melakukannya, itu akan jadi membesar, semakin besar dan akhirnya lepas kendali.

Kepahitan dan kesepian saling bergandengan karena pada akhirnya keduanya akan menjadi sebuah siklus. Anda menjadi kesepian. Kemudian Anda mulai merasa kasihan pada diri Anda sendiri. Lalu Anda menyimpan kepahitan. Kepahitan Anda menyebabkan Anda tambah kesepian, dan itu membuat Anda jadi semakin kepahitan lebih lagi. Dan akhirnya, Anda menjadi orang yang keras hati, tertekan, dan sulit untuk didekati.

Tidak ada yang mau berada di dekat orang yang pahit hatinya. Tidak ada yang mau di dekat orang yang sinis. Tidak ada seorang pun yang mau berada di dekat orang yang selalu marah.

Kepahitan hanya akan memperpanjang kesendirian Anda. Itulah sebabnya, ketika Anda melewati masa kesendirian Anda itu, Anda harus meminimalkan rasa sakit Anda. Jangan membangun tembok di sekeliling hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana biasanya Anda merespons kesendirian?
- Siapa saja dalam hidup Anda yang bisa Anda hubungi atau temui ketika Anda merasa seorang diri?
- Di lain waktu, seandainya Anda menghadapi perkara yang membuat Anda mengulang kembali peristiwa atau keadaan yang menyebabkan Anda merasa sendirian, apa yang akan Anda lakukan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 19 - 22; II Timotius 2:1-13


Jangan mau menyimpan sakit hati karena kepahitan akan menghancurkan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top