| Minggu, Maret 29, 2020 |


1 Yohanes 1: 8 "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita."

Dosa selalu karena akibat dari membohongi diri sendiri. Pada saat berbuat dosa, Anda tengah menipu diri sendiri karena Anda berpikir apa yang sedang Anda lakukan akan membuahkan hasil yang lebih baik dibanding apa yang Tuhan perintahkan.

Untuk berhenti dikalahkan oleh diri Anda sendiri, Anda harus berhenti menipu diri sendiri. Anda harus melihat hidup Anda dengan jujur, menghadapi kebenaran, dan menghadapi masalah tersebut. Dalam hidup Anda, masalah apa yang Anda anggap seolah-olah bukan suatu masalah atau bukan suatu ketergantungan? Apa sesuatu yang Anda anggap "bukan masalah besar"?

Apa pun bentuk candu Anda, apakah itu mengkonsumsi narkoba, berbelanja dengan kartu kredit, membaca pornografi atau bacaan sampah -- Anda menggunakan itu semua untuk bisa lepas dari rasa sakit dan dosa Anda. Namun Anda tidak akan mendapatkan kesembuhan sampai Anda terlebih dahulu mengakui akar masalah Anda.

Anda tidak perlu mencapai titik terendah untuk benar-benar dapat berubah. Anda tidak perlu menempuh jalan kehancuran. Anda dapat mengakui akar masalahnya, dan kemudian menghadapinya.

Ketika ditanya, "Apa masalah terbesar yang pernah Anda alami?" penasihat gereja akan berkata berulang kali, "Orang-orang menunggu terlalu lama sebelum mereka meminta bantuan, hingga hampir mustahil untuk kembali." Sebagian besar orang menyangkal masalah, menunggu sampai terlambat, dan kemudian mengalami rasa sakit yang sebenarnya bisa mereka cegah.

Alkitab berkata, "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita" (1 Yohanes 1: 8).

Apa pertanyaan-pertanyaan sulit yang perlu Anda tanyakan tentang dosa dalam hidup Anda? Apa saja tanda peringatan yang Anda abaikan?

Bila Anda ingin penyembuhan, Anda harus mengakui akar masalah Anda dan menghadapi kebenaran tentang diri Anda. Itu bukan pilihan yang mudah, tetapi itu pilihan yang tepat.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana kesombongan membuat Anda tidak mengakui akar masalah Anda?
- Mengapa kita begitu sering berpikir kita tahu lebih baik apa yang terbaik untuk kita dibanding Tuhan?
- Menurut Anda apa yang Tuhan ingin Anda lakukan setelah Anda menghadapi kebenaran tentang masalah dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 4-6; Lukas 4:31-44


Tuhan ada untuk Anda dan bekerja di dalam Anda. Dengan kuasa-Nya, Anda dapat mengatasi apa pun.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top