Apa yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Jawaban

| Senin, Maret 30, 2020 |


Mazmur 37: 7 "Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya."

Apa yang Tuhan mau Anda lakukan saat Anda menunggu jawaban atas doa Anda? Mazmur 37: 7 mengatakan, "Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya."

Tuhan ingin Anda menunggu Dia menjawab doa Anda dengan sabar.

Namun, layaknya anak kecil berusia 2 tahun, kita mendapat goncangan rohani saat kita menunggu Tuhan menjawab doa kita. Kita menjadi gugup dan gelisah. Kita ingin langsung melakukan sesuatu. Tetapi Tuhan berkata, "Sabarlah menunggu. Diamlah. Lihat aku bertindak. Jangan gelisah, jangan gugup, dan jangan mencoba untuk menangani masalahmu sendiri."

Dan, jangan pernah membuat kesalahan yang Abraham buat dalam Perjanjian Lama dengan mencoba menjadi jawaban buat doa Anda sendiri. Itu akan menimbulkan berbagai jenis masalah! Suatu hari Allah memberi tahu Abraham bahwa Ia akan menjadikannya bapa atas bangsa yang besar. Tapi ada dua masalah: Abraham berusia 99 tahun, dan ia tidak memiliki anak. Abraham melihat tubuhnya sendiri dan berkata, "Sepertinya ini tidak mungkin Tuhan!" seraya ia memandang istrinya, Sara, yang mandul, ia berkata, "Ini amat sangat mustahil! Itu tidak akan terjadi."

Maka Abraham menyelesaikan masalahnya itu dengan kekuatannya sendiri dengan memiliki bayi dari pelayan istrinya, Hagar. Abraham berkata, "Inilah jawaban dari doaku! Aku memiliki seorang putra di usia 99 tahun. Namanya Ismael." Allah berkata, "Tidak, tidak. Engkau salah mengerti. Itu bukan jawaban-Ku atas doamu. Itu jawabanmu sendiri. Aku akan mengaruniakanmu seorang anak laki-laki yang lahir dengan mujizat, dan Sara akan menjadi ibunya. Dan engkau akan menamakan dia Ishak. "Ishak berarti "tawa." Ketika Sara diberi tahu bahwa dia akan hamil, Alkitab mengatakan dia tertawa karena dia tidak percaya kepada Alah.

Namun Allahlah yang terakhir tertawa. Ishak lahir, dan dimulailah persaingan sengit antara dirinya dengan Ismael yang dampaknya masih kita rasakan sampai hari ini. Ketegangan yang terjadi antara orang Yahudi dan Arab dimulai karena Abraham mencoba menjawab permintaan atas doanya sendiri.

Renungkan hal ini:
- Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda fokus pada Tuhan sambil Anda dengan sabar menunggu Dia bertindak?
- Apa yang cenderung Anda lakukan ketika Anda menunggu Tuhan bertindak? Apa yang Anda lakukan setelah Anda meminta sesuatu dari-Nya di dalam doa?
- Bagaimana Anda tumbuh secara rohani selama masa-masa menunggu jawaban dari Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 7-8; Lukas 5:1-16


Setiap kali Anda mencoba menjawab doa Anda sendiri, sama saja Anda mencari masalah. Sebaliknya, tunggulah dengan sabar, dan lihatlah bagaimana Tuhan bertindak.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top