Untuk Mengetahui Takdir Anda, Pertama-tama Kenali Karunia Anda

| Senin, Juli 27, 2020 |

1 Petrus 4:10 "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."

Tahukah Anda apa tujuan Tuhan menciptakan Anda? Tahukah Anda apa takdir Anda? Selama beberapa hari ke depan kita akan mempelajari dari kitab Ester, beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melaksanakan tujuan penciptaan Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengenali karunia yang tellah Tuhan beri untuk Anda gunakan. Termasuk di dalamnya hal-hal yang di luar kuasa Anda — orang tua, kebangsaan, ras, atau bahasa ibu Anda. Itu juga termasuk hal-hal berikut yang membentuk Anda: karunia rohani, hati, kemampuan, kepribadian, dan pengalaman Anda. Ke lima hal inilah yang menjadikan diri Anda beda dari yang lain.

Anda tidak bertanggung jawab atas karunia atau talenta yang tidak Tuhan anugerahkan kepada Anda. Artinya, jika Anda tidak berbakat secara artistik, Anda tidak diharapkan untuk melukis lukisan seperti Rembrandt. Namun, Anda bertanggung jawab atas karunia yang Dia beri kepada Anda.

Ketika Anda pergi ke surga, Tuhan tidak akan membandingkan Anda dengan orang lain, tetapi Dia akan membandingkan Anda dengan diri Anda sendiri. Apa yang telah Anda lakukan dengan talenta Anda? Apa yang seandainya bisa Anda lakukan apabila Anda lebih percaya pada-Nya? Roma 14:12 mengatakan, "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah."

Allah memberikan karunia kepada Ester yang dirancang unik untuk membantunya untuk memenuhi takdirnya. Hasilnya, "Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia. Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain, dan ia beroleh sayang dan kasih baginda lebih dari pada semua anak dara lain, sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti" (Ester 2:15, 17).

Tuhan memberi Ester karunia untuk suatu tujuan. Dia juga telah memberikan Anda karunia untuk suatu tujuan. Dan sama seperti Ester, Anda juga bertanggung jawab untuk menjadi pelayan yang baik dari karunia-karunia itu. Itu semua bukan hanya untuk kepentingan Anda, tapi juga untuk orang lain.

Renungkan hal ini:
- Buat daftar karunia yang telah Tuhan berikan kepada Anda — jangan lupa untuk menyertakan kelima hal di atas yang menjadikan Anda unik, serta hal-hal yang di luar kuasa Anda. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, "Apa yang telah Tuhan berikan padaku untuk kebaikanku serta orang lain?"
- Minggu ini, apa satu cara yang bisa Anda lakukan agar dapat menggunakan karunia Anda untuk kebaikan?
- Mengapa ada kebebasan dalam melakukan apa yang telah Tuhan ciptakan buat Anda lakukan secara unik?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 40-42; Kisah Para Rasul 27


Ketika Anda mengetahui karunia dan talenta Anda dan memutuskan untuk menggunakannya untuk kebaikan, Tuhan dapat memakai Anda, sama seperti Dia menggunakan Ester, untuk menggenapi tujuan-Nya di Bumi.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top