Masalah Sebenarnya dengan Para Penindas

| Senin, Oktober 19, 2020 |

Efesus 6:12 "Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara."

Tingkat perundungan (bullying) semakin meningkat di sekolah, tempat kerja, dan bahkan di dunia maya.

Setiap kali seseorang menunjukkan perilaku agresif atau mencoba untuk memakai kekuasaannya atas orang lain, itu disebut perundungan. Itu bisa berupa ancaman, menyebarkan gosip, menyerang secara fisik atau verbal, melecehkan, atau dengan sengaja mengeluarkan seseorang dari grup.

Perundungan tidak hanya terjadi secara langsung. Saat ini kita dengan mudah terhubung lewat media chat, media sosial, games online, dan aplikasi di ponsel pintar kita. Dan itu artinya perundungan di dunia maya terjadi di bidang-bidang tersebut. Pada generasi sebelumnya, anak-anak dapat melarikan diri dari para perundung dengan pergi atau menjauhi taman bermain, tetapi di zaman ini, perundung dapat menjangkau Anda melalui ponsel, tablet, atau komputer. Kita seolah-olah tidak punya jalan keluar dari perundungan.

Apabila Anda atau anak Anda tengah mengalaminya, penting untuk mengenali sumber di balik perundungan tersebut.

"Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara" (Efesus 6:12).

Para perundung bukanlah masalah yang sebenarnya. Masalah yang sebenarnya ialah kuasa jahat di baliknya. Dialah Iblis. Para perundung hanya dimanfaatkan oleh Setan. Anda tidak berperang melawan manusia. Anda sedang berperang melawan kuasa spiritual yang jahat. Semua kejahatan dan kebencian berasal dari Setan. Dan Setan dapat menggunakan siapa saja yang tidak mengenal Allah sebab mereka tidak memiliki Roh Allah di dalam diri mereka.

Setan ingin menyakiti Tuhan, tetapi ia tidak bisa — sebab itu, dia melakukan hal ini: Dia mengejar anak-anak Tuhan. Cara terbaik untuk menyakiti orang tua yaitu dengan menyakiti anak-anaknya, dan anak-anak Tuhan adalah musuh Setan. Itulah alasannya mengapa doa menjadi bagian penting dalam menghadapi tindak kekerasan atau penindasan di sekolah atau tempat kerja, karena Anda tidak hanya berurusan dengan manusia. Ada kekuatan spiritual yang jahat di balik itu semua.

Anda mungkin tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan para penindas tersebut, tetapi Tuhan punya.

Mulailah selalu dengan doa. Di situlah Anda akan mendapatkan kekuatan dari Tuhan untuk melawan kekuatan spiritual jahat yang ada di sekitar Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda akan memberi tahu orang dewasa lain di tempat kerja Anda untuk merespons para penindas atau perundung? Apa yang akan Anda katakan kepada anak-anak Anda?
- Bagaimana perspektif Anda bergeser ketika Anda melihat bahwa ada kekuatan jahat di balik perundungan?
- Bagaimana doa menghubungkan kita dengan kekuatan Tuhan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 21-24; I Tesalonika 3


Roh yang ada dalam diri Anda lebih besar dari kuasa di dunia ini
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top