Mengapa Anda Melakukan Apa yang Tidak Ingin Anda Lakukan?

| Rabu, Oktober 11, 2017 |
Yohanes 8:32 "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda melakukan apa yang tidak ingin Anda lakukan? Atau bertanya-tanya mengapa sulit melakukan hal-hal yang Anda tahu adalah benar?

Sifat dasar kita yang penuh dosa seringkali menyebabkan kita membuat pilihan-pilihan yang salah. Anda mungkin bisa merasakan apa yang Rasul Paulus rasakan ketika dia berkata, "Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat. Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku. Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik" (Roma 7:15, 17-18).

Bahkan setelah Anda menjadi orang beriman, ada satu ketegangan di dalam diri Anda. Anda memiliki sifat dasar yang baik yang Tuhan berikan kepada Anda, tapi Anda juga memiliki sifat dasar lama yang menarik Anda ke bawah.

Tapi jangan takut, ada jalan keluar! Yesus berjanji dalam Yohanes 8:32, "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Rahasia perubahan pribadi bukanlah tekad keras. Bukan pil. Bukan resolusi. Bukan sumpah yang Anda buat, bukan juga sesuatu yang Anda lakukan atau katakan.

Rahasia perubahan pribadi adalah sesuatu yang Anda tahu. Anda tahu yang benar. Ketika Anda mengubah cara pikir Anda, maka itu akan mengubah cara Anda merasa. Dan bila Anda mengubah cara Anda merasa, itu akan mengubah cara Anda bertindak.

Di balik setiap tindakan bodoh ada sebuah kebohongan yang Anda percaya. Itu mungkin kebohongan tentang diri Anda, masa lalu, atau masa depan Anda, Tuhan, atau tentang orang lain.

Mengapa Anda melakukan sesuatu yang Anda tahu itu buruk buat Anda? Karena Anda menganggap ada semacam keuntungan atau upah yang akan Anda terima. Itu kebohongan! Anda hanya bisa mengubah dan menggenapi rancangan Tuhan atas hidup Anda bila Anda mulai dengan kebenaran Tuhan. Jika Anda ingin mengubah cara hidup Anda, maka Anda harus mulai dari pikiran Anda. Anda harus tahu dan percaya pada kebenaran Tuhan.

Ketika Anda tahu kebenaran Tuhan, maka kebenaran itu akan membebaskan Anda. Yang harus Anda lakukan ialah mengakuinya dan menemukan kebohongan yang selama ini Anda pegang. Beberapa kebohongan yang Anda pegang saat Anda kanak-kanak atau bisa juga dari TV. Beberapa kebohongan mungkin juga karena Anda mencontoh orang tua Anda atau mungkin juga Anda secara kreatif mengarangnya sendiri. Satu yang pasti, itu semua adalah kebohongan dan hanya jika Anda menolaknya untuk memilih belajar tentang kebenaran Firman, maka Anda akan mengalami kemerdekaan yang belum pernah Anda alami sebelumnya.

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda apa artinya mengetahui kebenaran Tuhan?
- Pikirkan sebuah kebohongan yang selama bertahun-tahun bercokol di kepala Anda. Mana dari kebenaran Tuhan yang Anda butuhkan untuk menggantikan kebohongan tersebut?
- Apa yang Anda perlukan untuk mengetahui kebenaran Tuhan dengan lebih baik lagi? Perubahan apa yang perlu Anda lakukan dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 41-43; Filipi 4 : 1-9


Jangan bohongi dan matikan hati nurani Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top