Mengapa Saya Tak Bisa Berhenti Melakukan Kesalahan?

| Minggu, Oktober 15, 2017 |
1 Yohanes 1: 8 "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita."

Dosa selalu melibatkan penipuan terhadap diri sendiri. Saat Anda berbuat dosa, Anda sedang menipu diri sendiri karena Anda berpikir bahwa apa yang Anda lakukan akan benar-benar menghasilkan hasil yang lebih baik dibanding dengan apa yang telah Tuhan katakan untuk kita lakukan.

Untuk berhenti mengalahkan diri sendiri, Anda harus berhenti menipu diri sendiri. Anda harus jujur - memandang hidup Anda, menghadapi kenyataan, dan menaklukkan permasalahan Anda. Apa hal dalam hidup Anda dimana Anda berpura-pura menganggapnya bukan suatu masalah? Apa hal dalam hidup Anda dimana Anda berpura-pura itu bukan suatu kecanduan? Apa hal dalam hidup Anda dimana Anda berkata, "Oh, itu bukan masalah besar"?

Dosa itu sama bentuknya, entah Anda memakai narkoba, atau hobi berbelanja dengan kartu kredit, atau senang membaca pornografi atau novel-novel erotis, itu semua sama saja. Anda menggunakan itu semua untuk mencoba melarikan diri dari rasa sakit dan dari dosa Anda. Namun, Anda tak akan bisa mendapatkan penyembuhan dari semua kecanduan itu sampai Anda mengetahui akar permasalahan Anda.

Jika Anda ingin sungguh-sungguh berubah, jangan menunggu sampai Anda mencapai titik terendah. Ada banyak sinyal peringatan yang terjadi di mana-mana, di sekeliling Anda yang mana kerap kali Anda tidak memperhatikannya. Dan sebagai akibatnya, Anda menuju jalan menuju kehancuran.

Jangan sekali-kali pergi ke arah kehancuran itu. Cari tahulah akar permasalahan Anda dan selesaikanlah.

Saya pernah bertanya kepada para konselor profesional di gereja kami, "Apa masalah terbesar yang kebanyakan orang hadapi?" Mereka memberi jawaban yang sama, "Orang-orang menunggu terlalu lama sebelum meminta bantuan, hingga sampai pada titik dimana mereka tak bisa berbalik lagi." Ada tanda-tanda peringatan setiap waktu di dalam sebuah pernikahan, tapi yang kerap terjadi tiba-tiba si suami atau si istri berjalan keluar. Yang ingin bertahan biasanya bertanya pada konselor kami, "Apa yang bisa saya lakukan sekarang?" Tidak banyak. Seharusnya Anda menyelesaikan masalah ini lebih awal. Kebanyakan orang senang menyangkal keadaan mereka dan menunggu sampai sudah terlambat dan akibatnya, mengalami rasa sakit yang sebenanya tak perlu.

Alkitab mengatakan, "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita" (1 Yohanes 1: 8).

Apa pertanyaan sulit yang perlu Anda tanyakan tentang dosa dalam hidup Anda? Apa saja tanda-tanda peringatan yang telah Anda abaikan?
Jika Anda ingin penyembuhan, Anda harus mengakui akar masalah Anda. Anda harus menerima kebenaran tentang keadaan Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana kesombongan atau harga diri membuat Anda tidak menyadari akar masalah Anda?
- Mengapa kita seringkali berpikir bahwa kita lebih tahu dari Tuhan tentang apa yang terbaik untuk diri kita?
- Menurut Anda, apa yang Tuhan ingin Anda lakukan setelah Anda mengetahui kebenaran tentang akar masalah dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 44-47; Filipi 4 : 10-23


Jangan menunda - nunda lagi ! Hentikan sekarang juga kesalahan yang sedang Anda lakukan. Anda pasti bisa, Anda hanya tidak mau.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top