Tuhan Berkata Anda Diterima

| Senin, April 02, 2018 |
Roma 15: 7 "Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah."

Sebagian besar dari kita menghabiskan seluruh hidup kita berusaha untuk mendapatkan penerimaan dari orang lain. Kita ingin mendapatkannya dari orangtua kita, teman kita, pasangan hidup kita, orang yang kita hormati, atau bahkan mungkin orang yang membuat kita iri. Dorongan untuk diterima adalah dorongan mendalam yang biasanya mempengaruhi pakaian yang Anda kenakan, mobil yang Anda kendarai, rumah yang Anda beli, dan bahkan karier yang Anda pilih.

Mungkin waktu kecil, Anda juga pernah mengalami yang namanya ingin sekali diterima oleh teman-teman sebaya. Biasanya salah satu dari mereka berkata kepada Anda, "Aku menantangmu melakukan ini," lalu yang lainnya ikut menyarankan ide-ide bodoh atau yang memalukan. Tetapi tetap saja Anda melakukannya, karena keinginan Anda untuk diterima oleh mereka mengalahkan keinginan Anda untuk menyelamatkan muka Anda. 

Kita melakukannya sebab kita suka dengan perasaan "Aku baik-baik saja. Seseorang sudah menerimaku." Ketika Anda diterima oleh orang lain, itu akan menaikkan harga diri Anda. Tetapi sesungguhnya, Yesus telah menerima Anda terlebih dahulu, dan penerimaan itu tidak didasarkan pada performa Anda. Faktanya, Anda mungkin telah menerima Kristus, tetapi apakah Anda sadari bahwa Anda mampu melakukannya karena Yesus telah lebih dulu menerima Anda? Anda tak perlu berusaha agar diri Anda diterima oleh Dia. Anda tidak perlu membuktikan diri Anda kepada Dia.

Kita harus berhenti berpikir, "Di atas sana, aku punya Tuhan yang sulit sekali disenangkan hati-Nya. Maka itu aku harus jadi anak baik-baik supaya Dia menerimaku." Allah Bapa, melalui Yesus Kristus, telah menerima Anda. Dan ini adalah Kabar Baik!

Alkitab mengajarkan, "Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku" (Mazmur 27:10). Mungkin hingga hari ini Anda masih berusaha membuktikan diri kepada orang tua Anda yang tidak pernah puas atas Anda. Anda masih berusaha mendapatkan penerimaan dari mereka. Jika begitu adanya, maka Anda perlu memahami dua hal berikut:

Pertama, jika saat ini Anda belum mendapatkan persetujuan atau pengakuan, maka kemungkinan besar, Anda tidak akan pernah mendapatkannya. Kedua, itu adalah masalah mereka, bukan masalah Anda.

Anda tidak perlu diterima oleh orang lain untuk menyenangkan hati Tuhan. Anda telah diterima oleh Tuhan. Ada lebih dari 7 miliar orang tinggal di planet ini, jika beberapa dari mereka tidak suka Anda, mengapa Anda begitu peduli! Anda tidak membutuhkannya, sebab Tuhan telah menerima Anda!

Renungkan hal ini: 
- Di atas apa Anda mendasarkan harga diri Anda?
- Bagaimana dorongan untuk diterima oleh orang lain mempengaruhi Anda secara fisik? Bagaimana secara emosi dan spiritual?
- Bagaimana setelah mengetahui kebenaran bahwa Anda telah diterima oleh Allah, mengubah hidup Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Roma 15: 7 "Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah."


Pikirkanlah apa yang dapat menyenangkan hati Tuhan, bukan hati manusia
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top