Pembelajaran Seumur Hidup Dimulai dengan Sebuah Pilihan

| Selasa, Juni 02, 2020 |

Amsal 23:12 "Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan."

Pembelajaran seumur hidup Anda dimulai dengan sebuah pilihan. Itu pilihan yang hanya bisa dibuat oleh Anda sendiri. Itu keputusan yang teramat penting yang akan memengaruhi seluruh hidup Anda.

Alkitab berkata, "Arahkanlah perhatianmu kepada didikan, dan telingamu kepada kata-kata pengetahuan" (Amsal 23:12).

Saya membuat komitmen untuk terus belajar saat saya berusia 15 tahun. Saya mengatakan pada diri saya sendiri bahwa saya akan belajar sebanyak mungkin. Selama bertahun-tahun saya membaca setidaknya satu buku sehari. Buku membuka pintu semua pengetahuan!

Pendidikan tidak berakhir ketika Anda lulus sekolah. Saya kerap mendengar orang berkata, "Saya senang telah menyelesaikan pendidikan saya. Sekarang, saya bisa memulai karir saya." Katakan itu pada Tuhan, dan Dia akan tertawa. Mengapa? Tuhan punya lebih banyak hal yang ingin Dia ajarkan kepada Anda.

Belajar bukanlah hanya satu tahap kehidupan. Itu hidup Anda! Tuhan ingin Anda belajar hal baru setiap hari. Jadi jangan berhenti — jangan pernah.

Mulailah mempelajari satu keterampilan baru tahun ini. Tuhan ingin Anda bertumbuh. Anda harus dan bisa menjadi berbeda dan menjadi lebih baik satu tahun dari sekarang ketimbang Anda saat ini.

Banyak manfaat yang bisa Anda ambil. Pembelajaran seumur hidup akan menjadikan Anda seorang pemimpin yang lebih baik, orangtua yang lebih baik, pasangan yang lebih baik, dan teman yang lebih baik. Itu akan membuat Anda lebih efektif dalam pekerjaan Anda. Itu akan mendatangan kesuksesan dan keuntungan.

Alkitab berkata, "Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat" (Pengkhotbah 10:10).

Jika Anda mempunyai sebuah kapak dengan mata pisau yang tumpul dan Anda gunakan untuk menebang kayu, Anda akan menguras lebih banyak tenaga untuk melakukannya. Tapi jika kapak Anda tajam (melambangkan keterampilan dalam ayat ini), maka Anda tak butuh banyak usaha.

Alkitab mengatakan untuk bekerja lebih cerdas, bukan selalu berarti bekerja lebih keras.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda biasanya mempelajari suatu informasi atau keterampilan baru (dengan mengikuti kelas, membaca buku, berdiskusi dengan mentor)? Bagaimana hal itu dapat membantu Anda untuk menjadi seseorang yang mau belajar seumur hidup?
- Apa sesuatu yang telah Anda pelajari lebih banyak di tahun ini yang benar-benar membantu Anda dalam hidup?
- Ketika Anda membaca renungan ini, membaca buku, atau mengikuti seminar, Anda sedang mengasah kapak spiritual Anda. Apa cara spesifik lain yang bisa Anda gunakan untuk mengasah kapak Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 17-18; Yohanes 13:1-20


Waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia ketika Anda mengasah kapak Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top