Tipe-Tipe Orang yang Anda Butuhkan dalam Hidup Anda

| Rabu, Juni 03, 2020 |

Amsal 13:20 "Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang."

Anda dan saya tidak akan pernah bisa menjadi orang yang Tuhan kehendaki dengan hidup seorang diri. Kita tidak pernah dirancang untuk hidup seperti itu. Kita semua memerlukan orang-orang yang membimbing kita, yang berbagi tentang kehidupan dengan kita, yang menabur di dalam kita, dan yang mendorong kita untuk tumbuh.

Alkitab memberitahu kita, "Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang" (Amsal 13:20).

Bahkan, untuk menjadi seseorang yang Tuhan kehendaki, Anda perlu belajar setidaknya dari empat tipe orang:

Mentor. Orang-orang ini adalah guru atau pelatih Anda. Saya memiliki sembilan mentor dalam hidup saya. Tidak ada seorang pun yang bisa mengajarkan Anda semua hal yang perlu Anda ketahui. Satu orang akan mengajarkan Anda satu bidang kehidupan. Sementara orang lain akan mengajari Anda bidang yang lain.

Panutan. Orang-orang ini adalah mereka yang sudah melakukan atau yang sedang melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Ada banyak keahlian yang telah Anda kuasai dalam hidup yang Anda dapat dengan memperhatikan orang lain.

Mitra. Anda membutuhkan rekan kerja dan kolega sesama profesi Anda, orang-orang yang bisa mendukung dan sekaligus menantang Anda dalam melaksanakan kehendak Tuhan dalam hidup Anda.

Teman. Teman tidak serta merta harus selalu membantu Anda dalam mencapai tujuan Anda. Mereka hanya teman, artinya mereka tetap mengasihi Anda apa pun yang Anda lakukan. Ketika Anda kacau, mereka tetap mengasihi Anda. Seorang teman akan berjalan di samping Anda ketika semua orang meninggalkan Anda. Di saat itulah Anda tahu mana teman yang sejati.

Temukankanlah orang-orang tersebut, dan buat diri Anda terbuka dan jujur terhadap mereka dan biarkan Tuhan memakai mereka dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Dari keempat tipe orang yang Anda perlukan dalam hidup Anda, manakah yang paling banyak Anda miliki? Manakah yang paling sedikit Anda miliki?
- Mengapa begitu banyak orang berusaha menjalani kehidupan tanpa dukungan dari orang lain?
- Apakah ada seseorang dalam hidup Anda yang membutuhkan dukungan Anda untuk memenuhi salah satu dari peranan di atas?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 19-20; Yohanes 13:21-38


Mencoba menjalani kehidupan seorang diri bukan cuma sepi, tapi juga bertentangan dengan rancangan Tuhan atas kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top