Bisakah Anda Benar-benar Mengadalkan Tuhan?

| Kamis, Juni 28, 2018 |
Amsal 3: 5-6 "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."

Bagi sebagian besar dari kita, alasan mengapa kita tidak mempercayakan hidup kita sepenuhnya kepada Allah ialah karena kita tidak benar-benar mengenal Dia. Kita biasanya tidak percaya pada orang yang tidak kita kenal.

Begitupun dengan Tuhan. Itulah mengapa Dia ingin Anda mengenal diri-Nya yang sesungguhnya - bukan versi palsu yang Anda pelajari dari budaya populer. Banyak mitos populer tentang siapa Tuhan adalah tidak benar. 

Misalnya, ada yang percaya jika Tuhan itu seperti:

Polisi alam semesta: Dia adalah polisi jahat di atas langit yang ingin menangkap basah kita saat kita berbuat dosa.

Sinterklas surgawi: Dia ada di sana untuk memberi hadiah. Dia tersenyum, mengangguk, dan tidak pernah benar-benar memperhatikan daftar anak-anak yang nakal di bumi. 

Pria tua yang bijak: Dia adalah pria tua yang tidak jauh beda dari Anda. Dia juga punya kekurangan dan mengalami kegagalan. Dan dia sendiri pun tak tahu solusinya. 

Kekuatan: Seperti dalam seri sains-fiksi terkenal "Star Wars," Tuhan bagaikan satu kekuatan yang netral yang bisa kita pengaruhi sesuai kehendak kita sendiri.


Apabila saya mengangap Tuhan sebagai salah satu dari kesalahpahaman populer di atas, mungkin saya juga tidak akan percaya pada-Nya. Tetapi sesungguhnya, Dia beda. Alkitab melukiskan gambaran yang keseluruhan karakter Allah yang jauh berbeda dari pemahaman dunia tadi. 

Sesungguhnya, Tuhan amat sangat pantas untuk dipercaya, sebab tidak ada makhluk di jaga raya ini yang mampu mempengaruhi dunia ini seperti diri-Nya. Alkitab berkata, "Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku" (Mazmur 54: 4).

Tuhan memiliki kuasa (dan keinginan) untuk menopang dan membantu Anda melalui apa pun yang tengah Anda alami. Dia ingin memberi Anda yang terbaik dalam hidup- dan Dia mampu membantu Anda untuk mewujudkannya. Dia adalah sang pencipta alam semesta. Dia punya segala sesuatunya di alam semesta ini yang dapat membantu Anda berhasil jika Anda ikut Dia. 

Namun, kuncinya adalah, Anda harus percaya kepada-Nya. 
Alkitab berkata, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu" (Amsal 3: 5-6). Anda dapat mempercayakan Tuhan segala yang Anda miliki, sebab Ia dapat membantu Anda untuk sukses jika Anda bersedia melakukannya. Tapi itu bukan berarti Dia akan memberi Anda uang, ketenaran, atau kekuasaan yang Anda inginkan, melainkan, jika Anda percaya pada-Nya, maka Dia akan membantu Anda untuk berhasil dalam apa yang Dia kehendaki untuk Anda lakukan. 

Renungkan hal ini:
- Manakah dari kesalahpahaman tentang Tuhan di atas yang menurut Anda yang paling lazim ditemukan di antara teman dan keluarga, dan masyarakat?
- Bagaimana kehidupan seseorang akan berubah ketika mereka memiliki pemahaman yang tepat tentang siapakah Allah?
- Apa satu area dalam kehidupan Anda di mana Anda harus mulai sepenuhnya percaya pada Allah?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 11-13; Kisah Para Rasul 9:1-21


Tuhan adalah sumber segala sesuatu, Dia adalah yang awal dan yang akhir. Percayakan hidup Anda padaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top