Cara Menangani Stres Seperti Yesus

| Minggu, November 11, 2018 |
1 Yohanes 2: 2 "Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia."

Pernahkah Anda merasa seolah-olah memikul "beban dunia?"
Tanggung jawab Anda melebihi jumlah jam Anda dalam satu hari. Gaji Anda tidak akan menutup semua tagihan Anda. Semua orang di hidup Anda membutuhkan diri Anda— dan Anda pun tidak punya energi tersisa.

Ketahuilah, Anda tidak sendiri.
Tetapi sesungguhnya, hanya ada satu orang yang pernah memikul "beban dunia di pundaknya." Itulah tepatnya tugas yang dilakukan Yesus saat datang ke dunia: untuk memikul beban dunia.

Alkitab mengatakan tentang Yesus, "Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia" (1 Yohanes 2: 2).

Tidak ada seorang pun yang memikul stres dalam hidup ini sebesar Yesus. Dia tidak hanya menanggung dosa dunia di atas kayu salib, namun Dia juga menghadapi tuntutan yang terus menerus menghantam-Nya seumur hidup. Orang lain seringkali ingin bertemu dengan Dia dan disembuhkan Dia. Dia tidak punya privasi. Tapi banyak pula orang yang mencoba menjebak-Nya dan berusaha membunuh-Nya. 

Namun Yesus tahu cara menangani stres. Dia memiliki keseimbangan luar biasa dalam hidup-Nya. Dia melawan stres dengan damai sejahtera. 

Itulah yang saya inginkan. Saya percaya Anda juga menginginkan yang sama. 

Dalam perjalanan saya mempelajari Alkitab, saya melihat tujuh rahasia manajemen stres yang Yesus tunjukkan secara konsisten. 
1. Identifikasi: Yesus tahu siapa Dia. 
2. Motivasi: Yesus tahu tujuan hidup-Nya. 
3. Panggilan: Yesus memahami panggilan-Nya. 
4. Konsentrasi: Yesus tahu apa yang paling penting.
5. Meditasi: Yesus mendengarkan Allah.
6. Kolaborasi: Yesus memiliki kelompok/persekutuan kecil.
7. Rekreasi: Yesus beristirahat untuk memulihkan diri-Nya. 

Saya percaya tujuh karakteristik ini bisa menentukan kehidupan kita juga. Selama tujuh hari ke depan, kita akan melihat masing-masing karakteristik ini dan bagaimana kita dapat mengaplikasikannya ke dalam kehidupan kita.

Jika Anda mau menjadikan karakteristik ini sebagai bagian dari hidup Anda, tingkat stres Anda akan turun. 

Renungkan hal ini:
- Apa pelajaran yang Anda pelajari dari orang tua Anda soal menghadapi stres? Apakah itu pelajaran yang sehat atau tidak sehat?
- Area apa dalam hidup Anda yang biasanya menyebabkan Anda paling stres?
- Dari tujuh karakteristik Yesus yang telah dijabarkan di atas, mana yang menggambarkan area yang paling membutuhkan pertumbuhan dalam hidup Anda? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Daniel 7-9; Ibrani 1:1-14


Yesus tidak menanggung semuanya sendirian, Dia berserah dan percaya pada Allah Bapa.
Demikian juga kita tidak menanggung semuanya sendirian, ada Yesus yang telah menanggungnya untuk kita, jauh sebelum kita mengenalNya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top