Tujuan yang Kudus Memberi Anda Harapan untuk Bertahan

| Sabtu, Januari 05, 2019 |
Filipi 3:12 "Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus."

Berikut adalah tiga alasan mengapa menetapkan tujuan begitu penting, sebab bahkan Yesus sekalipun menetapkan tujuan untuk diri-Nya sendiri.

1. Anda perlu menetapkan tujuan karena itu memberi Anda harapan untuk terus maju dan bertahan.

Ayub berkata, "Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar?" (Ayub 6:11). Anda perlu sebuah tujuan untuk membuat Anda terus maju. Anda tak perlu tujuan yang besar untuk memotivasi Anda. Misalnya, seandainya Anda harus menjalani operasi, maka tujuan pertama Anda selama masa pemulihan ialah duduk di tempat tidur. Setelah itu Anda bisa berusaha untuk berdiri, dan kemudian berjalan di koridor.

Itu mungkin tujuan-tujuan yang kecil, tetapi itu penting, sebab untuk bergerak maju dari tempat Anda berada ke tempat yang ingin Anda tuju tak bisa diraih dengan satu langkah yang besar, tapi diperlukan banyak langkah kecil. Tujuan yang penting tak harus yang besar, melainkan tujuan itu harus bisa mendorong Anda untuk terus melangkah maju. 

2. Anda perlu menetapkan tujuan karena itu membangun karakter Anda.

Upah terbesar dari membuat tujuan-tujuan dalam hidup bukanlah pencapaiannya, melainkan apa yang terjadi di dalam diri Anda ketika Anda melangkah mewujudkan tujuan Anda.

Tuhan lebih tertarik pada karakter Anda dibanding prestasi Anda. Ketika Anda berusaha mewujudkan tujuan Anda, Tuhan tengah bekerja di dalam Anda. Dia sedang membangun karakter Anda, dan hal itu akan berlangsung selamanya. 

Itulah sebabnya Paulus berkata dalam Filipi 3:12, "Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus." Dibutuhkan energi, upaya, serta tujuan untuk mencapai tujuan Anda, dan hasilnya adalah Anda menjadi kian serupa dengan Kristus.

3. Anda perlu menetapkan tujuan karena tujuan yang baik akan ada upahnya. 

Amsal 11:27 mengatakan, "Siapa mengejar kebaikan, berusaha untuk dikenan orang, tetapi siapa mengejar kejahatan akan ditimpa kejahatan." Ketika Anda memberikan hidup Anda untuk tujuan yang baik, maka itu membawa kemuliaan bagi Allah dan itu meninggalkan warisan yang baik di Bumi.

Namun upah yang sejati ialah surga. Alkitab berkata dalam 1 Korintus 9: 25-26, "Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul." Paulus adalah seorang yang didorong oleh tujuan-tujuan yang baik. Anda pun harus seperti itu supaya Anda dapat memenangkan hadiah yang telah Allah persiapkan untuk Anda di surga.

Renungkan hal ini: 
- Jika Anda berkecil hati hari ini, tetapkan beberapa tujuan baru. Apa yang bisa Anda upayakan untuk memotivasi dan mendorong Anda saat Anda semakin dekat dengan tujuan Anda?
- Apa satu hal yang telah Anda pelajari tentang diri Anda setelah Anda meraih tujuan Anda? Apa satu hal yang telah Anda pelajari tentang Tuhan melalui peristiwa itu?
- Bagaimana tujuan-tujuan Anda mencerminkan apa yang Anda harapkan dan minta untuk Allah lakukan di dalam dan melalui diri Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 10-12; Matius 4


Koreksi diri Anda, apakah yang ada di pikiran Anda hanyalah tujuan duniawi atau tujuan rohani ke surga?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top