Iman MembantuvAnda Memfokuskan Tujuan Anda

| Minggu, Januari 06, 2019 |
Efesus 3:20 "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,"

Kita tahu bahwa menetapkan tujuan itu penting sebab Alkitab memberi tahu kita bahwa Yesus sendiri pun menetapkan tujuan. Bahkan, Ia sering mengumumkan kepada orang banyak apa tujuan dan misi pelayanan-Nya berikutnya. 

Lalu, mengapa Anda harus menetapkan tujuan? Hari ini kita akan membahas tiga alasan betapa pentingnya menetapkan tujuan, dan besok kita akan membicarakan tiga alasan lagi.

1. Anda perlu menetapkan tujuan karena itu adalah tanggung jawab spiritual.

Jika Anda tidak punya tujuan hidup, maka Anda telah memutuskan untuk membiarkan orang lain mengatur hidup Anda. Ketika Anda tidak memutuskan apa yang penting sebelumnya, maka Anda membiarkan orang lain memutuskannya untuk Anda. Anda akhirnya menyia-nyiakan hidup Anda, karena Anda belum menerangkan bagaimana Anda ingin tumbuh sebagai pengikut Kristus.

Alkitab mengatakan bahwa untuk menjadi dewasa secara rohani, Anda harus menetapkan tujuan Anda dan berusaha melaksanakannya dengan memfokuskan diri Anda. 

"Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu"(Filipi 3:12, 14-15).

2. Anda perlu menetapkan tujuan karena itu adalah pernyataan iman.

Jika Anda percaya pada Yesus Kristus dan Anda telah menetapkan sebuah tujuan, katakan pada diri Anda, "Aku percaya Tuhan ingin aku berhasil melaksanakan tujuanku ini saat ini. Inilah yang aku percaya akan Tuhan kerjakan dalam hidupku."

Tujuan-tujuan bukan hanya sebuah pernyataan iman. Itu merentangkan iman Anda. Semakin besar iman Anda, semakin besar iman Anda. Dan itu menyenangkan hati Tuhan.

Efesus 3:20 mengatakan, "Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,"

3. Anda perlu menetapkan tujuan karena itu memfokuskan energi Anda.

Fokus adalah kunci menuju kehidupan yang efektif. Jika Anda menyebarkan tenaga dan menghamburkannya untuk banyak hal, Anda tidak akan membuat dampak sama sekali. Tetapi jika Anda memfokuskan hidup Anda, tujuan Anda akan menjadi kuat, dan itu akan mengubah dunia. 

Anda tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan segalanya. Tapi ini kabar baiknya: Tuhan tidak mengharapkan Anda untuk melakukan segalanya! Kuncinya menjadi pengikut Yesus yang aktif ialah dengan melakukan apa yang paling penting dan melupakan yang tidak penting. 

"Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul" (1 Korintus 9:26).

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana tujuan-tujuan Anda mencerminkan apa yang Anda percaya tentang Allah?
- Apakah keluarga Anda menetapkan tujuan bersama? Mengapa penting untuk melakukan ini sebagai sebuah keluarga?
- Hal-hal apa yang Anda gunakan untuk menghabiskan waktu dan energi Anda yang mungkin tidak terlalu penting?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 13-15; Matius 5:1-26


Tujuan yang Anda buat membantu Anda mempertahankan fokus Anda dalam mewujudkannya. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top