Yesus Menawarkan Belas Kasih; Bukan Penghukuman

| Senin, November 25, 2013 |
Roma 8:1-2 "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut."

Apa pun yang pernah Anda perbuat, ketahuilah tidak ada penghukuman di dalam Kristus.
Dia duduk di sebelah kanan Allah Bapa bukan sebagai penuduh, namun sebagai pembela yang bersedia memberikan hidup-Nya untuk Anda.

Allah mulai bekerja untuk membawa Anda kembali ke hadirat-Nya, bahkan jauh sebelum Anda dilahirkan.
Allah tahu Anda tidak bisa pulang sendiri, karena itu ketika kita "masih lemah", Kristus mati untuk Anda. (Roma 5:6)

Yesus menawarkan belas kasih, bukan penghukuman.
Dia berkata, "Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa" (Matius 9:13).
Tujuan-Nya adalah untuk membawa Anda kembali pada relasi yang intim dengan Allah, Dia tidak tertarik membuat Anda melewati serangkaian penderitaan untuk membuktikan bahwa diri Anda layak atau untuk mendapatkan kembali kasih Allah.

Bayangkan Dia berkata pada Anda, "Hal-hal yang engkau janjikan akan kulakukan dan janji-janji yang ingin engkau tepati sebagai balasan atas pengampunan yang telah kau terima, sebenarnya itu semua hanyalah persembahan untuk membantumu melupakan rasa bersalahmu. Aku lebih senang memberikan pengampunan dan kasih karunia seperti layaknya sebuah hadiah, Aku mengharapkan belas kasih; bukan pengorbanan ini yang membuatmu merendahkan diri, berharap mendapatkan kembali kasih-Ku. Jangan kuatir, kasih-Ku kepadamu tidak akan pernah habis!"

"Tujuan-Ku bukan untuk menghukummu, tetapi untuk membiarkan hidup-Ku berkuasa di dalammu, sebab Roh Kudus menghubungkanmu secara langsung dengan Bapa" (Roma 8:1-2, dengan parafrase penulis).
"Lagipula engkau tidak bisa mencuci semua dosa-dosa itu. Jadi, biarkan Aku melakukannya untukmu. Darah-Ku akan menjadi pemutih yang membersihkanmu seputih salju, dan Roh-Ku akan hidup di dalam hatimu."

Dalam dekapan Kristus, tidak akan ada penghukuman, dan oleh karena itu kita mampu "...menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya" (Ibrani 4:16)

Ketika Anda merasakan penghukuman menghampiri Anda, bagaikan banjir besar yang menghantam, bersandarlah pada Batu Penjuru yang berkata, "Aku tidak lagi menghukum engkau. Pergi dan jangan berbuat dosa lagi" (Yohanes 8:11, dengan parafrase penulis).


Renungkan hal ini

Identifikasi cara-cara dan pengorbanan yang pernah Anda lakukan untuk mendapatkan pengakuan Allah dan untuk menebus rasa bersalah Anda.

Seperti apa hidup Anda saat ini seandainya Anda menerima belas kasih Allah dan menganggap-Nya sebagai pembela, bukan penuntut Anda?
Bagaimana hidup Anda akan diubahkan?
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 1:1-7 ; Ibrani 7:1-10
____________________________________

Dalam dekapan Kristus, tidak akan ada penghukuman, dan oleh karena itu kita telah di merdekakan menjadi lebih dari pemenang!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top