Apakah Anda Perlu Transplantasi Hati ?

| Senin, Februari 09, 2015 |

Amsal 29:25 Takut kepada orang mendatangkan jerat, tetapi siapa percaya kepada TUHAN, dilindungi.

Jika Anda membangun identitas Anda di atas sesuatu yang bisa direnggut dari Anda, maka Anda akan merasa takut, dan rasa takut itulah yang kemudian menjadi akar kemarahan Anda. Sebelum Anda mulai merasa aman dengan hidup Anda, akan ada orang-orang yang akan menekan tombol kemarahan Anda. Tetapi bila Anda tahu siapa Anda dan siapa Pemilik Anda, maka orang tak akan bisa menekan tombol Anda. Mereka tidak bisa memancing Anda. Kemarahan dan rasa takut saling bergandengan tangan. Semakin takut Anda, semakin kemarahan Anda menjadi-jadi.

Alkitab mengatakan dalam Amsal 29:25, Takut kepada orang mendatangkan jerat, tetapi siapa percaya kepada TUHAN, dilindungi.

Ketika Anda marah, mulut Anda akan mengeluarkan semua yang dipendam dalam hati Anda. Lidah yang kasar mengungkapkan hati yang marah. Lidah yang negatif mengungkapkan hati yang takut. Lidah yang sombong mengungkapkan hati yang takut. Lidah yang tong kosong mengungkapkan hati yang gelisah. Lidah yang menghakimi mengungkapkan hati yang bersalah. Lidah yang senang mengkritik mengungkapkan hati yang pahit. Lidah yang kotor mengungkapkan hati yang kotor.

Di sisi lain, lidah yang mendorong mengungkapkan hati yang senang, lidah yang lembut mengungkapkan hati yang penuh kasih, dan lidah yang terkontrol mengungkapkan hati yang damai.

Anda tahu apa yang Anda butuhkan untuk menyingkirkan masalah kemarahan Anda? Anda membutuhkan transplantasi hati. Dan puji Tuhan, Allah adalah dokter spesialisnya. Ini disebut keselamatan! Dia memberi Anda identitas diri baru. Anda tidak harus menemukan identitas Anda dalam pekerjaan Anda atau rekening bank Anda atau ketampanan atau relasi-relasi Anda, karena Anda bisa menemukan identitas dalam apa yang Tuhan firmankan tentang Anda.

Yesus dapat menyembuhkan tiga hal yang menyebabkan kemarahan: sakit hati, frustrasi, dan ketakutan. Yesus dapat menyembuhkan sakit hati Anda dengan kasih-Nya. Yesus dapat menggantikan hati Anda yang kecewa dengan damai sejahtera. Yesus dapat menggantikan hati Anda yang cemas dengan kuasa-Nya.

Jika Anda menggendong bayi yang sedang menangis dan mendekapnya erat agar ia merasa hangat dan aman, bayi itu akan berhenti menangis. Bayi itu berhenti marah. Sama dengan kita, ketika Anda merasa aman dan diterima di dalam Yesus Kristus, kemarahan Anda akan menghilang.

Berdoalah doa ini hari ini: "Ya Tuhan, saya punya masalah dengan amarah saya. Saya membiarkan orang lain menekan tombol batas kesabaran saya, lalu saya membalas dendam dan tidak berpikir sebelum berbicara. Saya meminta bantuan-Mu ya, Bapa. Tolong saya untuk merefleksikan diri sebelum saya bertindak. Bantu saya untuk belajar melepaskan kemarahan saya dengan tepat. Bantu saya untuk menemukan identitas saya sepenuhnya di dalam-Mu. Ubahlah saya dimana hanya diri-Mu yang bisa mewujudkannya. Dalam nama-Mu saya berdoa.

Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 4-5; Matius 24:29-51

Percaya kepada Tuhan dan Anda pasti dilindungi, jangan takut dan jangan cemas (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top