Fungsi Mengikuti Bentuk

| Senin, November 16, 2015 |

1 Korintus 12:4-6 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Dalam arsitektur, bentuk mengikuti fungsi. Katakan pada saya apa tujuan Anda membangun bangunan tersebut dan saya bisa beritahu Anda bagaimana cara membangunnya. Tetapi pada manusia, ini kebalikannya. Fungsi mengikuti bentuk. Coba pikirkan bagaimana Allah telah membentuk Anda, bagaimana Ia telah mengirim Anda ke bumi ini, dan apa yang telah Ia anugerahkan pada Anda, seperti karunia roh, hati, kemampuan, kepribadian, dan pengalaman. Jika Anda sudah memahaminya, maka Anda akan tahu apa yang seharusnya Anda lakukan dengan hidup Anda.

Apakah Anda tahu bahwa Allah punya tugas khusus yang Ia ingin Anda laksanakan saat Anda berada di planet ini? Dia tidak menempatkan orang-orang di muka bumi ini tanpa memberi mereka pekerjaan kehidupan. Pekerjaan kehidupan ini melibatkan pekerjaan atau karir Anda sekarang. Bekerja adalah bagian dari tujuan Allah atas hidup Anda. Dia tidak mengirim Anda ke bumi ini hanya untuk memenuhi planet ini dan menghabiskan sumber daya yang ada. Ia menempatkan Anda di sini untuk memberi kontribusi, dan kontribusi Anda itu didasarkan pada BENTUK Anda.

Allah tak pernah memberi Anda tugas tanpa memberi kemampuan untuk mampu melakukannya. Itulah sebabnya Anda punya karunia roh. Karunia-karunia ini hanya tidur di dalam Anda sampai Anda memutuskan untuk menemukan dan mengembangkannya.

Banyak survey menunjukkan bahwa sebagian besar orang Amerika terjebak dalam pekerjaan yang tak sesuai, itu karena mereka tidak dibentuk untuk melakukannya! Mereka tetap melakoni pekerjaan tersebut terutama karena alasan ekonomi, bukan karena itu memuaskan hati mereka, atau karena mereka ahli, atau karena mereka telah dibentuk untuk mampu melakukan pekerjaan tersebut.

Jika Anda berada dalam satu pekerjaan yang tidak menggunakan bentuk yang telah Allah berikan pada Anda, maka berhenti dari pekerjaan itu. Hidup ini terlalu singkat untuk membuang-buang waktu dengan melakukan pekerjaan yang tidak memperlihatkan panggilan Dia atas Anda. Dia tidak menempatkan Anda di bumi ini untuk mencari uang, melainkan melakukan kehendak-Nya atas Anda.

Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 12:4-6, "Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Mengetahui karunia roh dalam diri Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini: "Apa kehendak Tuhan atas hidup saya? Apa yang Tuhan ingin saya lakukan dengan hidup saya? Apa jenis pekerjaan, jenis karir yang harus saya lakukan? Pelayanan apa yang harus saya kerjakan? Misi apa yang harus saya bawa ke dunia ini? Karunia-karunia dari Allah menjelaskan ke mana Anda harus pergi. Mereka membentuk karya Anda.

Renungkan hal ini:

Berapa persen dari BENTUK Anda yang sedang Anda pakai dalam pekerjaan atau karir Anda? Berapa persen yang Anda gunakan dalam pelayanan Anda?

Apa yang lebih penting dalam karir Anda: menggunakan BENTUK Anda, atau menghasilkan uang? Perubahan-perubahan apa yang perlu Anda buat?

Bacaan Alkitab Setahun :
Hosea 11-14; Ibrani 3:7-19

Bekerja adalah bagian dari tujuan Allah atas hidup Anda, artinya Anda harus berkontribusi lebih untuk tujuan Allah tersebut.(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warrent)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top