Jangan Menipu Diri Sendiri

| Senin, November 16, 2015 |

1 Korintus 12:4-6 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Ketika Anda sadar sedang dibentuk menjadi apa maka Anda pasti tahu harus menjadi apa Anda seharusnya, sehingga Anda dapat mulai fokus dan mempergunakan hidup Anda lebih baik dari sebelumnya.

Saat Anda mengambil langkah spiritual, katakan: "Aku akan ikut jalan Tuhan, bukan jalanku sendiri. Aku akan membiarkan Dia menuntun hidupku. Aku ingin mengikuti rancangan Allah, bukan rancanganku. Aku akan melakukan kehendak dan panggilan-Nya atas aku.

Ketika Anda mengambil langkah dan menaruh iman Anda di dalam Kristus, maka Allah juga memberi Anda empat karunia utama :

Pengampunan. Roma 5:15 mengatakan, "Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. Hal pertama yang Yesus lakukan ialah menghapus segala kesalahan yang pernah Anda buat. Anda telah diampuni! Tidak ada penghukuman.

Hidup yang kekal. Allah memiliki rencana jangka panjang untuk Anda. Alkitab mengatakan dalam Roma 6:23, "Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Anda tidak akan bisa pergi ke Surga dengan jalan Anda sendiri. Satu-satunya jalan untuk sampai ke Surga adalah dengan anugerah yang Allah beri dengan cuma-cuma yang Anda terima dengan iman.

Roh Kudus. Roma 5: 5 mengatakan, "Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. Bagaimana cara mengetahui jika Anda sedang membiarkan Allah berkarya dalam hidup Anda? Ketika hidup Anda mencerminkan buah Roh: Kasih, Suka cita, Damai sejahtera, Kesabaran, Kemurahan, Kebaikan, Kesetiaan, Kelemahlembutan, Penguasaan diri.

Kemampuan spesial. Dalam Alkitab, kemampuan spesial ini disebut sebagai karunia roh- disebut spesial karena ini beda dengan karunia materi atau fisik. Ini merupakan kemampuan yang Anda butuhkan untuk melakasanakan pekerjaan yang Allah ingin Anda lakukan. Kebanyakan orang percaya tidak tahu jika sebenarnya mereka memiliki karunia roh, bahkan ada yang tak mengerti sama sekali. Tapi ketahuilah, Anda memilikinya!

Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 12:4-6, Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Apa yang dimaksud dengan karunia roh? Allah punya tujuan untuk hidup Anda, dan karunia roh Anda ialah alat yang Ia berikan agar Anda mampu melakukan apa yang Ia minta Anda lakukan. Allah tak akan pernah meminta Anda untuk melakukan sesuatu yang kepada Anda tidak Ia berikan kemampuan. Karunia itu diberikan kepada Anda saat Anda menerima Kristus. Anda tak bisa memilih karunia Anda. Anda tidak memperoleh karunia dengan usaha Anda.

Karunia Anda juga bukan demi keuntungan Anda. Karunia roh Anda diberikan pada Anda untuk membantu orang lain. Orang lain dalam keluarga gereja juga memberi karunia mereka untuk membantu Anda.

Ketika saya menggunakan karunia roh saya untuk mengajar, maka Anda diberkati. Ketika Anda menggunakan karunia roh Anda, maka orang-orang di gereja Anda pun diberkati. Ini seperti sebuah puzzle. Jika satu keping puzzle Anda hilang, apa hal pertama yang Anda sadari? Satu keping puzzle yang hilang itu, bukan? Jika Anda tidak membangun dan memakai karunia roh Anda, maka Anda hanya menipu diri sendiri.

Renungkan hal in: 

Bagaimana cara Anda melakoni peran yang telah Allah rancangkan bagi Anda di gereja, dengan menggunakan karunia roh Anda?

Jika Anda seorang Kristen, apakah Anda telah menerima ke empat karunia-karunia ini?

Bagaimana itu semua telah membawa perbedaan dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Hosea 6-10; Ibrani 3:1-6

Allah memiliki rencana jangka panjang untuk Anda, karena itu jangan berpaling dari-Nya (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top