Orang Kudus Dan Orang Berdosa

| Sabtu, Agustus 06, 2016 |

1 Tesalonika 3:13 "Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya."

Dua belas orang yang Yesus panggil adalah kru yang masih mentah. Namun mereka adalah yang kita sebut sebagai orang-orang kudus. Seiring waktu, kita mengagumi mereka. Selamanya mereka dikenang dalam pahatan kaca patri di gereja-gereja, mereka bak superhero dalam Alkitab - tidak ada kekurangan, kelemahan, cacat cela; mereka ibarat golongan orang-orang spiritual. 

Dan memang benar. Para orang kudus ini melewati tiga tahun berjalan, berbicara dan mengikut Yesus. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan orang kudus?

Seorang gadis kecil ditanya di Sekolah Mlinggunya apa yang dimaksud dengan orang kudus. Terbayang kaca patri berwarna-warni di gereja, jawabnya, "Mereka adalah orang-orang yang bersinar." Apakah kita semua dipanggil untuk menjadi orang kudus? Kita harus membiarkan "terang kita bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatan kita yang baik dan memuliakan Bapa kita yang di sorga." Jadi, apa yang dimaksud orang kudus? Orang kudus adalah pengikut Kristus sejati.

Itu artinya apabila Anda telah meletakkan kepercayaan Anda pada Yesus Kristus, maka Anda adalah seorang kudus - dan begitu juga saya! "Saint (orang kudus/santo) Greg." Bagaimana dengan Anda? 

Tapi siapa sebenarnya orang-orang kudus ini? Siapakah rasul-rasul yang dipanggil Yesus ini? Siapakah orang-orang yang mengubah dunia ini? Semakin kita mengenal rasul-rasul ini, semakin kita memandang mereka seperti manusia. Kadang kita menganggap mereka sebagai karakter yang sulit dijangkau, yang dikagumi. Tetapi setiap kisah hidup mereka di dalam Alkitab juga mengungkapkan yang sebaliknya.

Mereka bukan filsuf. Mereka bukan imam-imam besar. Malah sesungguhnya, mereka orang-orang yang cukup biasa. Mereka manusia biasa yang bisa putus asa, sangat-sangat biasa saja. Tapi mereka bersedia dan taat kepada panggilan Allah. 

Inilah salah satu hal yang saya percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan! Alkitab adalah kitab yang benar-benar jujur. Alkitab memberi gambaran tentang para pahlawan kita tentang semua kekurangan dan kelemahan mereka, dan saya menghargai itu. Kisah jujur kehidupan mereka tidak mengecilkan hati saya, tapi justru sebaliknya. Itu memberi saya harapan sebagai orang yang bercacat cela. Namun terlepas dari kekurangan kita, Allah dapat menggunakan Anda dan saya. Saya berharap itu memberi Anda dorongan hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 66-67; Roma 7

Allah dapat memakai Anda untuk melakukan hal-hal yang ajaib asalkan Anda mau taat kepada panggilan-Nya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top