Apa Yang Akan Anda Lakukan Dengan Karunia Yang Ia Beri?

| Kamis, September 29, 2016 |

1 Petrus 4:10 "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."

Apakah Anda tahu untuk apa Allah menciptakan Anda? Apakah Anda tujuan Allah atas Anda?

Untuk mewujudkan rancangan Allah atas diri Anda, Anda harus mengenali karunia-karunia yang telah Ia berikan untuk Anda pergunakan. Dalam hidup Anda harus berurusan dengan hal-hal yang tak bisa Anda pilih atau di luar kendali Anda: orang tua Anda, kebangsaan Anda, ras Anda, bahasa asli Anda, termasuk SHAPE Anda: karunia roh, hati, kemampuan, kepribadian, dan pengalaman. Ini adalah hal-hal yang membuat Anda unik. 

Anda tak perlu bertanggung jawab atas karunia yang tidak Ia beri pada Anda. Dengan kata lain, jika Anda tidak berbakat dalam hal seni, Ia tak mengharapkan Anda untuk membuat satu lukisan seperti Rembrandt. Ia hanya mau Anda bertanggung jawab atas karunia-karunia yang telah Ia anugerahkan atas Anda. 

Ketika Anda sampai di Surga, Allah tak akan membandingkan Anda dengan orang lain; Ia akan membandingkan Anda dengan diri Anda sendiri. Apa yang telah Anda buat dengan karunia yang telah Anda terima? Apa yang seandainya bisa Anda lakukan jika saja Anda lebih percaya kepada Allah? Roma 14:12 mengatakan, "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah."

Ester dianugerahkan Tuhan tiga aset untuk ia pakai untuk mewujudkan tujuan-Nya atas dirinya. Ester cerdas, cantik, dan memiliki kepribadian yang menarik. Karena kualitas inilah, "Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia. Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain, dan ia beroleh sayang dan kasih baginda lebih dari pada semua anak dara lain, sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti"(Ester 2:17).

Allah memberi Ester karunia untuk suatu tujuan. Ia juga memberi Anda karunia untuk suatu tujuan. Dan sama seperti Ester, Anda punya tanggung jawab untuk menjadi pelayan yang baik yang mengemban karunia-karunia tersebut - bukan untuk keegoisan diri sendiri, melainkan untuk kebaikan orang lain. Karunia-karunia Anda bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk menjadi manfaat bagi orang lain. 

Renungkan hal ini: 
Untuk mengetahui tujuan Allah atas hidup Anda, Anda harus mengenali bakat talenta Anda dan memutuskan bagaimana akan mempergunakannya. Buatlah daftar karunia-karunia yang telah Allah beri pada Anda (jangan lupa untuk menyertakan SHAPE Anda dan juga hal-hal yang di luar kendali Anda). 
Tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang telah Allah anugerahkan kepada saya untuk selamanya dipergunakan demi kebaikan?"
Bagaimana Anda dapat membantu orang lain menemukan SHAPE dan tujuan Allah atas mereka?
Apa cara-cara praktis yang bisa Anda pakai untuk keluar dari kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 4-5; Efesus 3

Anda harus mengenali karunia-karunia yang telah Ia berikan untuk Anda pergunakan sesuai dengan rancanangan Allah atas hidup Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top