Kebenaran Tentang Bayangan

| Kamis, Februari 15, 2018 |
Mazmur 23: 4 "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."

Salah satu sumber stres yang paling umum adalah kehilangan. Anda bisa kehilangan pekerjaan, kesehatan, uang, reputasi, atau orang terkasih Anda. 

Ketika dihadapkan pada kehilangan, biasanya orang menunjukkan dua reaksi yang umum. Salah satunya adalah ketakutan, dan yang lainnya adalah kesedihan. Tapi kesedihan ada manfaatnya. Kesedihan adalah cara kita untuk melewati transisi hidup. Bahkan, jika Anda tidak berduka, Anda sulit untuk bangkit! Kesedihan tidak akan membunuh Anda apabila Anda mengekspresikannya.

Sebaliknya, rasa takut adalah hal yang buruk. Tidak pernah sekalipun Alkitab mengatakan, "Jangan bersedih" "Jangan berduka" "Jangan meratapi," atau "Jangan menangis." Tapi sebaliknya dikatakan, "Jangan takut." Dan itu dicatat sebanyak 365 kali! Bukan kesedihan yang membuat kita tak berdaya, melainkan rasa takut.

Daud berkata dalam Mazmur 23: 4, "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku." Gembala selalu membawa gada dan tongkat untuk melindungi dombanya. Dan dengan perumpamaan yang sama, Daud paham benar itu. Daud paham bahwa Tuhan punya alat-alat untuk melindunginya, dan dia percaya pada Tuhan, bahkan di lembah paling gelap sekalipun.
Mungkin saat ini Anda sedang melewati lembah bayang-bayang - mungkin itu lembah bayangan kematian. Mungkin itu lembah bayangan hutang. Mungkin itu lembah bayangan pertikaian. Mungkin itu lembah bayangan depresi. Mungkin itu lembah bayangan keputusasaan.

Bayangan itu menakutkan. Waktu Anda kecil, Anda pasti takut pada bayangan di malam hari saat Anda tidur sendiri, bukan? Nah, saya belajar beberapa hal tentang bayangan:

Pertama, bayangan tidak bisa melukai kita.

Kedua, bayangan selalu lebih besar dari pada sumbernya.

Dan - inilah kabar baiknya - dimanapun ada bayangan, pasti di situ ada cahaya. Anda tidak bisa memiliki bayangan jika tak ada cahaya. Jadi, kuncinya saat Anda melewati lembah bayangan yaitu dengan berbalik ke arah bayangan Anda dan melihat sumber cahaya. Karena selama Anda fokus melihat terang itu- Yesus, Sang Terang Dunia - maka bayang-bayang itu tidak akan membuat Anda takut.

Begitulah caranya melewati lembah bayangan kematian. Begitulah caranya menurunkan tingkat stres Anda; yaitu dengan percaya pada Tuhan ketika melewati lembah kegelapan, seperti Daud yang berdoa, "Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku. Di jalan yang harus kutempuh, dengan sembunyi mereka memasang jerat terhadap aku" (Mazmur 142: 3).

Renungkan hal ini: 
- Kapan rasa takut pernah membuat Anda tertekan, dan mengapa?
- Bayangan apa yang baru-baru ini tengah Anda hadapi? Mengapa bayangan itu begitu menakutkan buat Anda?
- Bagaimana bisa dengan menghafal ayat Alkitab dapat membantu Anda menghadapi ketakutan dalam hidup?



Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 13; Matius 26:26-50


Berjalan bersama Tuhan, tidak ada yang perlu Anda takuti. Sekalipun dalam lembah yang begitu dalam dan kegelapan yang mencekam dalam perjalanan hidup Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top