Mengubah Hidup Anda Membutuhkan Konsentrasi

| Jumat, Februari 09, 2018 |
Roma 12: 2 "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

Jika Anda ingin mengalami perubahan yang langgeng dalam hidup Anda, maka Anda perlu memfokuskan kembali pikiran Anda.
Terutama Anda perlu mengubah pola pikir Anda: jangan fokus pada apa yang tidak Anda inginkan; fokus pada menjadi apa yang Anda inginkan. Ini alasannya: Apa yang Anda fokuskan, kesitulah Anda menuju. 

Ayat hari ini memberi kita cetak biru untuk kita mampu mengubah pola pikir kita:

- "Janganlah kamu menjadi serupa…" Seberapa sering kita membiarkan orang lain membentuk hidup kita? Tuhan tidak ingin Anda menjadi seperti orang lain; Dia ingin Anda menjadi orang yang seturut dengan kehendak-Nya. Maka, janganlah meniru, janganlah mencocokkan diri, janganlah mencoba menjadi seperti orang lain. Ada banyak hal yang mulai Anda lakukan dengan cara meniru orang lain, tapi kemudian itu malah menjadi kebiasaan.

- ". . . dengan dunia ini." Pola dunia disini artinya adalah teladan dari segala sesuatu yang telah Anda pelajari dalam kehidupan. Jika Anda ingin berubah, Anda harus mengubah pola atau teladan hidup yang Anda ikuti dalam hidup Anda. Anda harus mengganti pola lama yang tak sehat itu dengan pola baru yang meneladani kehidupan Kristus.

- "berubahlah oleh pembaharuan budimu." "Berubah" dalam ayat ini punya sumber kata yang sama dengan kata "metamorfosis," lauaknya proses ulat menjadi seekor kupu-kupu. Begitu pula dengan Anda, Tuhan ingin mengubah Anda menjadi orang yang benar-benar baru dengan cara memperbarui pikiran Anda.

Bagaimana bisa? Alkitab mengatakan kepada kita dalam Efesus 4: 22-24 "Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."

Ini artinya Anda harus menolak beberapa hal dan harus melakukan beberapa hal. Pikir dan pilahlah sebelum Anda bertindak. Ini ibarat mencoba pakaian di department store. Sebelum Anda bisa mencoba pakaian baru, Anda harus menanggalkan pakaian lama Anda. 

Anda harus melepaskan sikap lama, pola pikir lama, dan imej lama yang pernah melekat pada diri Anda, sehingga Anda bisa mengenakan pakaian baru yang dianugerahkan Tuhan untuk Anda ketika Ia mengubah dan memperbaharui pikiran Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa "pakaian lama" yang perlu Anda buang, sebelum Anda bisa mengenakan "pakaian baru" yang telah Tuhan persiapkan untuk Anda?
- "Apa yang Anda fokuskan, kesitulah Anda menuju." Bagaimana Anda mengerti bahwa kebenaran ini memang benar adanya dalam hidup Anda?
- Bagaimana pola pikir Anda dapat berubah saat Anda mendekatkan diri kepada Yesus?



Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 6-7; Matius 25:1-30


Tentukan prioritas Anda, apa yang harus dibuang, apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus Anda lakukan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top