Dengan Bekerja Bersama, Kita dapat Mengerjakan Lebih Banyak

| Jumat, Maret 23, 2018 |
Efesus 2:10 "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."

Tuhan menempatkan kita di Bumi ini untuk melakukan pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh kita. Kitab Efesus mengatakan bahwa Tuhan menciptakan kita untuk melakukan pekerjaan baik, dan bahwa Dia telah terlebih dahulu merancangkan bagaimana kita akan menghabiskan seluruh hidup kita. Tetapi Dia tidak merancang kita untuk melakukan pekerjaan itu sendirian. Kita membutuhkan orang lain untuk bekerja bersama-sama dengan kita. 

Anda tahu bagaimana perasaan Anda ketika Anda terlalu banyak bekerja sendirian. Anda menjadi kelelahan dan kehabisan tenaga. Mengapa? Sebab Anda mencoba melakukan pekerjaan Anda sendiri, sementara Tuhan tidak pernah menciptakan Anda seperti itu. 

Tuhan memberi tahu kita dalam Pengkhotbah 4: 9 bahwa "Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka." Ketika Anda bekerja sebagai sebuah tim, maka Anda akan mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Ditambah lagi, dengan memiliki rekan satu tim yang selalu mendampingi Anda, itu jauh lebih menyenangkan dan mengurangi kelelahan!

Coba bayangkan ini: Masing-masing dari kita bagaikan sebuah kepingan salju. Jika kita sendirian, kita tidak bisa membuat perbedaan besar. Namun, ketika sebuah kepingan salju yang rapuh menempel dengan kepingan-kepingan salju lainnya, maka itu bisa menghentikan lalu-lintas sekalipun. Seperti kepingan salju, kita juga dapat membuat perbedaan besar jika kita bekerja bersama, dengan masing-masing dari kita melakukan bagian kecil kita.

Tahukah Anda, ketika kita orang percaya saling bekerjasama di Bumi ini sesungguhnya kita tengah berlatih untuk kehidupan di Surga? Di Surga, kita semua akan dan harus bekerja, kita masing-masing hanya akan melakukan pekerjaan yang kecil, jadi kita tidak akan bekerja banting tulang atau kelelahan. Meskipun di Surga tidak ada yang akan menanggung beban berat karena masing-masing dari kita akan melakukan bagian kecil pekerjaan, namun semua pekerjaan itu tetap harus diselesaikan. 

Ketika Anda menjalani hidup, ingatlah bahwa Anda tidak seharusnya melakukan semuanya sendiri. Anda butuh orang lain untuk berjalan di samping Anda, tetapi Anda juga butuh orang lain untuk bekerja bersama Anda. 

Renungkan hal ini: 
- Apakah selama ini Anda mencoba mengerjakan terlalu banyak pekerjaan pelayanan seorang diri? Apa akibatnya?
- Bagaimana caranya/seharusnya Gereja memberi teladan dalam hal bekerja bersama untuk mencapai lebih banyak untuk kemuliaan Allah?
- Bagaimana Anda bisa mengajak sesama Tubuh Kristus untuk membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan yang Tuhan mau Anda lakukan? Siapa saja yang bisa membantu Anda? 



Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 13-15; Lukas 1:57-80


Saat Anda berbagi beban pekerjaan pelayanan dengan keluarga Allah yang lain, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya Anda telah mencapai lebih banyak untuk kemuliaan Tuhan. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top