Kesepian Artinya Anda Membutuhkan Hubungan dengan Tuhan

| Sabtu, Maret 24, 2018 |
Kejadian 2: 18a "TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja."

Apa yang sering Anda sebut-sebut sebagai kesepian sesungguhnya merupakan kerinduan akan Tuhan. Hanya saja Anda tak pernah menyadarinya. Anda diciptakan untuk memiliki hubungan pribadi yang erat dengan Yesus Kristus, hubungan yang juga Tuhan rindukan dengan Anda. Malah, Putra-Nya rela mati di kayu salib agar Anda dapat memiliki hubungan tersebut dengan-Nya. Tidak akan ada yang bisa menggantikannya – tak ada seorangpun, pengalaman apapun, obat apapun, kesuksesan apapun, barang apapun, harta apapun. Tidak akan ada yang bisa mengisi lubang sakit di hati Anda, selain Tuhan sendiri. Dia ingin Anda mengenal-Nya.

Bagaimana cara Anda bisa mengenal Tuhan?

1. Bukalah hidup Anda untuk Yesus Kristus. Katakan, "Yesus Kristus, aku ingin mengenal-Mu. Aku ingin belajar mengasihi-Mu seperti Engkau mengasihiku bahkan sebelum aku menyadarinya. Aku ingin memiliki hubungan dengan-Mu." Anda diciptakan untuk menjalin hubungan dengan Tuhan - bukan untuk menjalani agama, ketakutan, peraturan, aturan, dan ritual, melainkan hubungan dimana Anda berbicara dengan Tuhan sepanjang waktu dan Dia bekerja di dalam dan melalui Anda. Itulah penangkal kesepian terdalam Anda.

2. Bergabunglah dengan keluarga gereja. Kita tidak dirancang untuk menjadi pejuang Kristen sendirian. Carilah gereja di mana Anda dapat terlibat di dalamnya. Bergabunglah dengan kelompok kecil di mana mereka amat mengenal Anda dan di mana Anda menemukan jaringan dukungan yang Anda butuhkan ketika Anda mengalami masa-masa sulit tersebut. Ambillah kesempatan itu. Ambillah risiko. Bergabunglah dengan kelompok kecil.

Alasan sebenarnya mengapa begitu banyak orang Kristen yang kesepian adalah karena mereka diam saja ketika mereka seharusnya melayani. Dunia ini penuh dengan orang-orang yang kesepian dan yang sedang menunggu untuk dilawat. Orang tua yang belum dikunjungi selama dua tahun. Remaja yang kacau dan bertanya-tanya, "Apa yang harus kulakukan dengan hidupku?" Orang lajang yang pulang setiap malam ke apartemen yang sepi. Janda yang baru saja ditinggal mati suaminya. Karyawan yang pergi ke bar setiap malam sepulang kerja karena tidak ada kegiatan lagi. 

Dunia ini penuh dengan orang yang menunggu untuk dicintai. Berhentilah berkata, "Saya tidak punya teman!" dan mulailah berkata, "Tuhan, siapa yang bisa aku layani. Siapa yang bisa aku tunjukkan kasihku?" Jika yang bisa Anda lakukan ialah berkomitmen untuk menjadi teman bagi orang yang kesepian, Anda akan memiliki kehidupan yang signifikan, kehidupan yang bertujuan, yang valid, dan yang layak. Ambillah bagian dalam pelayanan.

Renungkan hal ini: 
Jika Anda belum memiliki hubungan itu dengan Kristus, saya mengundang Anda untuk berdoa. Katakan, "Ya Tuhan Yesus, aku tidak mengerti segalanya, tetapi ada lubang di hatiku yang aku sadar hanya Engkau yang bisa mengisinya. Aku menyadari bahwa aku diciptakan untuk dicintai oleh-Mu dan memiliki hubungan dengan-Mu. Hari ini aku ingin melangkah masuk dan membangun hubungan itu. Aku mengundang Engkau untuk datang ke dalam hidupku dan hatiku dan mengganti kesepianku dan lukaku dengan kasih-Mu. Aku ingin menjadi bagian dari keluarga Gereja-Mu. Aku ingin memberikan hidupku untuk membantu orang lain yang sangat membutuhkan kasih dan bantuan-Mu." Jika Anda menyerukan doa itu, maka Tuhan akan mendengar Anda, dan artinya Anda telah mengambil langkah pertama dalam kehidupan Kristen.
Setiap orang bisa berdoa, "Bapa, terima kasih karena Engkau telah memberikan apa yang paling kami butuhkan, bahwa Engkau telah mengutus Anak-Mu, Yesus Kristus, sehingga kami dapat memiliki hubungan dengan-Mu yang tidak akan pernah bisa diambil dari kami, dan bahwa kami tidak akan pernah kesepian karena Engkau ada dalam hidup kami. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama Yesus. Amin."



Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 16-18; Lukas 2:1-24


Anda akan mengalami masa-masa sepi dalam hidup Anda, tetapi Anda tidak akan pernah menjalaninya sendirian jika Anda memiliki hubungan yang dekat dengan Yesus Kristus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top