Kuasa Penyembuhan dari Pengakuan Dosa

| Kamis, April 05, 2018 |
Mazmur 32: 3 "Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari;"

Bukan hanya menelan terlalu banyak makanan yang akan merusak kesehatan Anda, tetapi menelan dosa Anda juga dapat berakibat lebih buruk.

Salah satu pilihan paling sehat yang bisa Anda ambil ialah dengan menerima pengampunan Tuhan. Banyak orang membawa-bawa sekarung sampah busuk dosa. Membawa-bawa karung dosa tersebut bukan hanya akan membuat Anda tidak efektif untuk melayani Yesus; itu juga akan merusak kesehatan Anda. 

Alkitab mengajarkan dalam Mazmur 32: 3-5, "Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari; sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat, sumsumku menjadi kering, seperti oleh teriknya musim panas. Sela. Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela."

Faktanya, sebuah riset pada bulan Oktober 2013 oleh para ilmuwan Princeton University dan University of Waterloo telah membuktikan secara ilmiah bahwa ucapan Raja Daud berabad lalu itu benar adanya: Perasaan yang bisa kita rasakan di kala "terbebani" secara fisik oleh rasa bersalah itu begitu nyata.

Tuhan telah memberi kita sebuah metode yang amat mudah untuk menghilangkan perasaan-perasaan bersalah yang merusak jiwa dan raga kita: pertobatan. Bagaimana caranya bertobat?

1. Catat daftar dosa Anda. Mazmur 139: 23-24 mengatakan, "Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!" Dengan kata lain, mulailah dengan mengambil pensil dan kertas dan mintalah Tuhan untuk membuat Anda ingat akan semua dosa Anda. Lakukan pelan-pelan. Jangan terburu-buru. Tulislah daftar dosa Anda dengan spesifik. Sambil Anda mencatatnya, ketahuilah bahwa Anda akan menjadi satu-satunya orang yang akan melihat daftar ini. Kemudian setelah selesai, Anda bisa menyobeknya. 

2. Bertanggungjawablah. Penghalang terbesar menuju penyembuhan Anda ialah diri Anda sendiri. Jangan merasionalisasi dosa Anda. Jangan membuatnya seolah itu hal enteng. Anda mungkin tidak salah 100 persen, tetapi akuilah bagian yang merupakan kesalahan Anda. 

3. Mintalah pengampunan. Percayalah bahwa Tuhan akan mengampuni Anda. Mintalah Dia untuk mengampuni Anda sesuai dengan apa yang Dia janjikan di dalam Alkitab (1 Yohanes 1: 9). Jangan memohon. Jangan tawar-menawar. Percayalah bahwa Tuhan akan mengampuni Anda.

Renungkan hal ini: 
- Buatlah daftar dosa yang tidak pernah Anda akui kepada Tuhan. Bertanggungjawablah atas kesalahan Anda tersebut, dan mintalah pengampunan Tuhan atas setiap dosa yang ada di dalam daftar Anda. 
- Apa yang menghalangi Anda untuk mengakui dosa-dosa Anda kepada Tuhan?
- Adakah beberapa dosa yang selama ini sulit untuk Anda akui lebih dari dosa-dosa yang lainnya? Mengapa?



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 1-3; Lukas 8:26-56


Akui dosa Anda. Mulailah awal yang baru. Kemudian lihat apa yang bisa Tuhan lakukan lewat Anda. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top