Menjadi Murid Seumur Hidup

| Rabu, Juni 06, 2018 |
Amsal 19: 8 "Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya; siapa berpegang pada pengertian, mendapat kebahagiaan."

Banyak orang menghabiskan masa mudanya untuk mengejar pendidikan. Semoga komitmen dalam hal pendidikan ini akan terus-menerus ada. Mengapa? Sebab kita semua harus menjadi murid seumur hidup kita. 

Alkitab mengatakan banyak hal tentang betapa pentingnya mengejar ilmu dan terus belajar. Malah sebenarnya kita diperintahkan untuk mengasihi Tuhan dengan segenap akal budi kita (lihat Lukas 10:27).

Bagaimana caranya? Dengan menggunakannya, mengembangkannya, dan tidak menyia-nyiakannya. Alkitab mengatakannya seperti ini: "Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya; siapa berpegang pada pengertian, mendapat kebahagiaan" (Amsal 19: 8).

Apakah Anda ingin berhasil dalam kehidupan? Alkitab mengajarkan kita untuk belajar dan kemudian menerapkan apa yang telah kita pelajari.

Di hampir setiap negara di dunia ini, bukan kebetulan bahwa orang Kristen terpanggil untuk mendirikan sekolah pertama dan rumah sakit pertama. Sebab kita percaya Tuhan tidak hanya peduli dengan jiwa kita. Dia juga peduli dengan pikiran dan tubuh kita.

Mungkin Anda tidak punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan formal, namun masih ada banyak cara untuk Anda belajar. Mendapatkan pendidikan bisa menjadi investasi yang baik untuk waktu dan uang Anda – investasi untuk diri Anda sendiri. 

Tapi mari kita perjelas hal ini. Pendidikan tidak berakhir di sekolah, dan sekolah bukanlah satu-satunya tempat kita belajar dan dididik. Jika ingin sukses, Anda harus belajar di sepanjang hidup Anda. Juga, Anda harus berhati-hati. Anda harus jaga pikiran Anda. Anda harus mempelajari hal yang benar.

Amsal 4:13 mengatakan, "Berpeganglah pada didikan, janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah hidupmu."

Renungkan hal ini:
Manfaat apa yang Anda dapat dari kebenaran, ide, dan prinsip yang telah Anda pelajari dalam hidup?
Selama ini, bagaimana komitmen Anda untuk belajar sepanjang hidup menghasilkan pengalaman yang bermanfaat?
Apakah Anda sudah menjadi lebih dekat kepada Yesus dengan mengasihi Tuhan dengan pikiran Anda dan menjaga pikiran Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 25-27; Yohanes 16


Jadikanlah Tuhan sebagai Guru seumur hidup kita, maka hikmat surgawi seperti yang diminta oleh Raja Salomo akan Tuhan berikan untuk kita. Menjadi murid artinya kita mau diajar, dididik, dikoreksi, direndahkan dan taat padaNya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top