Anda Boleh Tidak Setuju Tanpa Harus Berselisih

| Minggu, Juli 15, 2018 |
Roma 14: 12-13 "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!"

Banyak orang, termasuk orang Kristen, beranggapan mereka hanya perlu menunjukkan rasa hormat mereka kepada orang-orang yang setuju dengan mereka. Pemikiran ini salah besar. Sebagai orang percaya, ada banyak aktivitas dan tindakan di masyarakat kita yang saya benci dan jelas-jelas tidak saya setujui.

Akan tetapi saya tetap menunjukkan rasa hormat saya kepada mereka - bahkan jika saya tahu tingkah laku mereka itu salah.

Mengapa?

Pertama, saya ingat bahwa pada akhirnya setiap individu akan bertanggung jawab kepada Tuhan atas sikap, tindakan, dan perilaku mereka sendiri. Masing-masing dari kita harus memberikan pertanggungjawaban atas perilaku kita.

Kedua, saya bukan Tuhan. Orang-orang yang tidak saya setujui tidak bertanggung jawab kepada saya. Mereka bertanggung jawab kepada Tuhan. Bukan tugas saya untuk menjadi seorang polisi, berusaha membuat semua orang yang bukan orang percaya bertindak seperti orang percaya. Faktanya, Alkitab mengatakan orang-orang tidak bisa bertindak seperti yang Tuhan mau, sampai mereka memiliki hubungan dengan Dia.

Alkitab mengatakan, "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!" (Roma 14: 12-13). Mengatakan kebenaran kepada orang lain itu bukan menghakimi. Apabila seseorang melakukan sesuatu yang Alkitab katakan salah dan kita memberitahu mereka, maka itu sifatnya bukan menghakimi. Kita memberi tahu orang-orang tentang kebenaran. Adalah menghakimi apabila kita menyalahkan orang lain dengan kebenaran dan menghajar mereka dengan dasar itu, dan kemudian menikmatinya dan merasa lebih suci dibanding mereka.

Anda boleh tidak setuju dengan orang lain tanpa harus berselisih. Jujur saja, beberapa orang paling kasar yang pernah saya temui ialah orang-orang Kristen yang terlalu fanatik yang begitu berkomitmen pada kebenaran sehingga mereka tidak terlalu peduli dengan orang lain.

Yesus sedang mengawasi bagaimana Anda memperlakukan orang lain yang juga telah Dia selamatkan.

Renungkan hal ini:
- Apa yang membuat Anda sulit memperlakukan orang lain dengan hormat ketika Anda tidak setuju dengan mereka?
- Bagaimana dengan menyadari bahwa Yesus telah mati bagi mereka yang tidak setuju dengan Anda mengubah cara Anda berinteraksi dengan orang-orang tersebut?
- Siapa seseorang yang telah Anda perlakukan dengan tidak menyenangkan, yang perlu Anda mintai maaf?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 13-15; Kisah Para Rasul 19:21-40


Anda bisa benar tentang suatu masalah, tetapi jika Anda bersikap kasar akan hal itu, tentu Anda salah. Bila Anda tidak mengatakan kebenaran kepada orang lain dengan kasih, maka Anda salah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top