Setiap Orang Layak Untuk Dihormati

| Senin, Juli 16, 2018 |
1 Petrus 2:17 "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!"

Rasa hormat telah menjadi nilai kehidupan yang terancam punah selama beberapa dekade terakhir ini. Kita hidup di zaman di mana norma kesopanan itu telah hilang, di mana sarkasme menghiasi hari-hari kita, dan semua orang suka dengan hal-hal yang berbau pemberontakan.

Namun Alkitab menjelaskan bahwa keluarga yang stabil - dan masyarakat yang stabil – dibangun dengan dikelilingi oleh rasa hormat. Alkitab memerintahkan kita untuk menghormati orang tua kita, menghormati otoritas sipil, dan menghormati para pemimpin gereja. Para istri dipanggil untuk menghormati para suami di dalam kitab Efesus. Dalam kitab 1 Petrus, para suami dipanggil untuk menghormati para istri. Alkitab tidak menspesialkan siapa pun. Alkitab juga memberitahu kita untuk "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" (1 Petrus 2:17).

Setiap orang, terlepas dari kepercayaan atau perilaku mereka, layak untuk dihormati.

Mengapa?

1. Tuhan menciptakan semua orang. Mazmur 8: 5 mengatakan, "Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat." Tuhan tidak menciptakan sampah. Tidak ada seorang pun yang tidak berharga. Walaupun orang-orang terus membuat keputusan yang salah, tetapi mereka masih berharga bagi Tuhan. Bahkan orang yang paling tidak dicintai di dunia sekalipun dikasihi oleh Tuhan.

2. Yesus mati untuk semua orang. Alkitab berkata, "Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat" (1 Petrus 1: 18-19). Anda mungkin tidak terlalu memberi respek kepada orang-orang tertentu, tetapi itu tidak dengan Tuhan. Bahkan, katanya, setiap orang yang Anda temui itu pantas untuk Dia selamatkan.

3. Ini menunjukkan bahwa Anda mengenal Tuhan. Alkitab memberi tahu kita bahwa Allah itu kasih. Jika Anda mengenal Dia, maka Anda harus mengisi hidup Anda dengan kasih. Alkitab berkata, "Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih" (1 Yohanes 4: 8). Kasih selalu memperlakukan orang lain dengan hormat.

4. Anda akan mendapatkan kembali apa pun yang telah Anda beri. Ini adalah hukum tabur tuai. Apa pun yang Anda lakukan, akan ada buahnya. Jika Anda ingin dihormati, Anda harus memperlakukan orang lain dengan hormat. Alkitab mengatakan, "Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya"(Galatia 6: 7).

Renungkan hal ini:
- Setiap orang yang Anda temui hari ini layak mendapatkan rasa hormat Anda. Bagaimana kebenaran ini akan mengubah perilaku Anda?
- Kepada siapa Anda paling sulit menunjukkan rasa hormat Anda? Mengapa?
- Apa saja cara yang bisa Anda gunakan untuk "mengisi hidup Anda dengan kasih"?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 16-17; Kisah Para Rasul 20:1-16


Semua orang telah berdosa. Anda tidak lebih baik dibandingkan orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top