Jika Anda Ingin Berubah, Hadapi Kenyataan

| Kamis, Agustus 23, 2018 |
Efesus 4:21 "Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,"


Kunci dari perubahan pribadi bukanlah kemauan keras. Rahasianya adalah dengan mengetahui dan menghadapi kebenaran. Anda harus tahu dan menghadapi kebenaran tentang diri Anda dan karakter Anda apabila Anda ingin berubah.

Tak akan ada yang berubah dalam hidup Anda jika Anda belum tahu dan menghadapi kebenaran tentang kelemahan Anda, hubungan Anda, keberhasilan dan kegagalan Anda, masa lalu dan masa depan Anda.

Tidak akan ada yang berubah sampai Anda tahu dan menghadapi kebenaran. Dan kebenaran itu hanya ada di dalam Yesus Kristus.

Mengapa sangat perlu belajar tentang kebenaran Firman sebelum segala sesuatunya bisa berubah dalam hidup Anda? Ini alasannya: Di balik setiap kebiasaan yang merusak diri sendiri dalam hidup ialah kebohongan yang Anda percayai. Jika Anda berhutang, itu karena Anda percaya beberapa kebohongan seperti "Tidak apa-apa menghabiskan uang sendiri" atau "Saya bisa melunasinya kapan saja." Anda mungkin terlalu tinggi menafsirkan uang yang akan Anda hasilkan, atau Anda percaya dengan kebohongan bahwa Anda butuh rumah yang jauh lebih besar.

Tapi apakah itu benar? Apakah Anda yakin itu kebenaran? Bisakah Anda membuktikan kebenarannya? Apakah Anda benar-benar yakin bahwa apa yang Anda yakini tentang finansial Anda itu benar?

Bagaimana dengan hubungan Anda? Bagaimana dengan hal-hal yang Anda katakan kepada diri Anda? Apakah cara Anda berpikir tentang masa lalu Anda atau tentang suatu peristiwa adalah kebenaran, atau apakah kebenaran yang dikatakan Tuhan sama dengan yang Anda katakan?

Alkitab mengajarkan bahwa perubahan pribadi dimulai dengan kebenaran. Itu adalah kebenaran yang membebaskan Anda. Rasul Paulus berkata, "Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,"(Efesus 4:21). Siapakah kebenaran itu? Ia adalah Yesus, dan karena Yesus adalah kebenaran, maka Dia akan selalu mengatakan yang benar. Firman-Nya adalah kebenaran. Alkitab adalah Firman-Nya, dan itu artinya Alkitab adalah kebenaran (2 Timotius 3: 16-17).

Apa yang Anda dengar di televisi atau baca di buku tidak selamanya akan membantu Anda, sebab itu tidak selalu benar. Sudahkah Anda mempelajarinya? Sebaliknya, apa yang Tuhan katakan kepada Anda akan selalu menjadi kebenaran. Firman Tuhan menunjukkan kepada Anda caranya kembali ke kehidupan Anda yang sebagaimana diciptakan Allah, dan itu menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya untuk tetap di jalan Tuhan.

Inilah sebabnya mengapa melakukan waktu teduh harian itu amat penting buat Anda. Tidak akan ada yang berubah apabila Firman Tuhan tidak tinggal di dalam hati Anda. Jika Anda membangun hidup Anda di atas dasar kebohongan, kesalahpahaman, tipu muslihat, atau dusta, maka Anda tidak akan pernah berubah. 

Renungkan hal ini:
- Pernahkah Anda meluangkan waktu untuk berpikir dan mendoakan kelemahan Anda? Mengapa itu penting dilakukan?
- Mengapa Anda bisa percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan?
- Apa yang perlu Anda ubah mengenai jadwal dan prioritas Anda sehingga Anda dapat menyediakan waktu setiap hari untuk membaca Firman Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 112-115; 1 Korintus 6


Ketika Anda menghadapi kebenaran dan merespon kebenaran, maka Anda akan mulai melihat perubahan dalam hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top