Tuhan Tidak Mengistimewakan Siapapun

| Rabu, Oktober 17, 2018 |
Roma 4:16 "Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah."

Tuhan tidak mengistimewakan siapapun — terlepas dari latar belakang Anda, status Anda, atau dosa Anda. Tidak masalah apakah Anda seorang yang religius atau orang yang dulunya religius atau apakah Anda tidak punya latar belakang agama sama sekali.

Roma 4:16 mengatakan, "Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, --" Siapakah orang-orang yang dibicarakan dalam ayat ini yang berada di bawah Hukum Musa? Yahudi. Orang-orang Yahudi telah lebih dahulu diberi jalan Tuhan dibanding dengan bangsa-bangsa lain.

Pernahkah Anda berpikir mengapa orang-orang Yahudi disebut sebagai orang-orang pilihan Allah? Apakah Tuhan mengasihi mereka lebih dari kita semua? Tidak. Mereka telah dipilih untuk sebuah tujuan: untuk menyebarkan Firman kepada orang lain bahwa ada satu Tuhan yang sejati. Mereka bagaikan misionaris bagi kita semua.

Sekarang Allah telah mengambil alih tugas itu dan memberikannya kepada gereja, yang mencakup semua orang yang menaruh iman percayanya di dalam Kristus, terlepas dari latar belakang mereka. Allah berkata bahwa keselamatan-Nya tersedia bagi siapa saja yang membuka hatinya dengan iman: "Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan" (Roma 10:13). Tidak ada kuota di surga. Ayat ini tidak mengatakan bahwa hanya orang yang benar-benar baik yang akan diselamatkan jika mereka berseru kepada Tuhan atau orang yang benar-benar religius atau orang yang benar-benar pintar. Sebaliknya, setiap orang yang memanggil nama Tuhan yang akan diselamatkan.

Yang menyedihkan adalah bahwa meskipun banyak orang tahu bahwa Allah telah menawarkan anugerah keselamatan-Nya, mereka tetap saja mengusahakan cara mereka sendiri untuk masuk surga. Mereka berpikir bahwa sesuatu dalam hidup mereka membuat mereka cukup baik sehingga mereka tidak perlu menerima karunia keselamatan dari Allah melalui Kristus.

Anda mungkin telah melakukan beberapa hal yang hebat dalam hidup, tetapi jika Anda menganggap itu akan membawa Anda ke surga, lupakan saja. 

Sudahkah Anda mempercayakan keselamatan Anda kepada Yesus?

Alkitab mengatakan kita hanya bisa sampai ke surga dengan percaya kepada Allah Bapa melalui Putera-Nya, Yesus Kristus. Dan kita tidak perlu berusaha mendapatkan kasih Tuhan atau bekerja keras untuk masuk surga. Namun Alkitab mengatakan, "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri" (Efesus 2: 8-9).

Jika Anda belum percaya pada Yesus dan belum berkomitmen untuk ikut Dia, apa lagi yang Anda tunggu? Jika Anda siap melangkah melintasi garis itu dan mengambil keputusan untuk percaya kepada Yesus Kristus dan ikut Dia, serukan doa ini:

"Ya Yesus, Engkau berjanji bahwa jika aku percaya kepada-Mu, maka semua kesalahan yang pernah kulakukan akan diampuni, aku akan belajar melakukan panggilan-Mu hingga Engkau menyambutku di rumah kekal-Mu di sorga kelak.

"Aku mengakui dosa-dosaku, dan aku percaya bahwa Engkaulah Juruselamatku. Engkau telah berjanji bahwa jika aku mengakui dosaku dan percaya pada-Mu, maka aku akan diselamatkan. Aku percaya pada-Mu ketika Engkau berkata bahwa keselamatan hanya ada karena anugerah-Mu, melalui iman, dan bukan oleh apa pun yang kulakukan. Aku menerima-Mu masuk ke dalam hidupku sebagai Tuhanku. Hari ini aku menyerahkan setiap bagian kehidupanku ke dalam pemeliharaan-Mu. Engkau berhak memimpin hidupku.

"Yesus, aku ingin bersandar dalam kasih-Mu. Terima kasih karena aku tak perlu berusaha mendapatkannya atau mengusahakannya. Aku ingin menggunakan sisa hidupku hanya untuk melayani-Mu, ketimbang melayani diri sendiri. Dengan rendah hati ku mau menyerahkan hidupku kepada-Mu dan meminta-Mu untuk menyelamatkanku dan menerimaku masuk ke dalam keluarga-Mu. Di dalam nama-Mu, aku berdoa. Amin."

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda menanggapi kebenaran bahwa tidak ada yang bisa Anda lakukan yang akan membuat Tuhan lebih, atau kurang mengasihi Anda dibanding kasih-Nya pada Anda saat ini? 
- Apa tugas Anda di dalam gereja dalam melaksanakan misi mewartakan pesan keselamatan kepada mereka yang belum mendengar tentang Firman Tuhan?
- Apa artinya "berseru kepada nama Tuhan"?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 13-16; I Tesalonika 1


Satu-satunya cara bagi kita untuk masuk surga ialah dengan menerima kasih karunia Allah, yang tersedia bagi setiap orang.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top