Mengikut Yesus Berarti Mengasihi Semua Orang

| Sabtu, Januari 19, 2019 |
1 Korintus 13: 7 "Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Kasih yang sama yang diberikan Tuhan kepada Anda harus Anda berikan kepada semua orang yang berhubungan dengan Anda. Itu bukan pilihan atau saran. Itu perintah: "Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi" (Yohanes 13:34).

Jika Anda pengikut Kristus, Anda harus mengasihi semua orang — suka atau tidak —dengan cara yang sama seperti Kristus mengasihi Anda. Itu artinya Anda harus menerima mereka sepenuhnya, mengasihi mereka dengan tulus, mengampuni mereka sepenuhnya, dan menjadikan mereka sangat berharga.

Mengasihi orang lain dengan cara ini akan mengubah hubungan Anda!

Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 13: 7, "Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Beginilah cara Tuhan mengasihi Anda. Tuhan tidak pernah berhenti bersabar dengan Anda. Tuhan tidak pernah berhenti percaya kepada Anda. Tuhan tidak pernah berhenti mengharapkan Anda melakukan yang terbaik dalam hidup Anda. Tuhan tidak pernah menyerah terhadap Anda. Itulah yang Tuhan mau Anda lakukan kepada orang lain.

"Kasih tidak pernah berhenti untuk bersabar." Itu artinya kasih memperluas belas kasih. Anda bisa memberi belas kasih Anda kepada orang lain.

"Kasih tidak pernah berhenti untuk percaya." Itu artinya kasih menyatakan iman. Itu seolah Anda berkata kepada seseorang, "Meskipun kita mengalami masa sulit, aku tidak akan pernah berhenti percaya kepadamu."

"Kasih tidak akan berhenti berharap." Itu artinya kasih mengharapkan yang terbaik. Apakah Anda mengharapkan yang terbaik dalam pernikahan Anda, atau apakah Anda sudah puas dengan yang kurang, ketimbang dengan yang terbaik?

"Kasih tidak pernah menyerah." Itu artinya kasih menanggung yang terburuk sekalipun. Itu seolah Anda melihat orang lain dan berkata, "Kau boleh menumpahkan semuanya kepadaku, tapi ketahuilah aku akan tetap mengasihimu apapun yang terjadi." 

Jika Anda ingin mulai mengubah hubungan Anda hari ini, saya mengundang Anda untuk menugucapkan doa ini kepada Tuhan: "Ya Tuhan, ku akui bahwa aku telah membuat kekacauan dalam hubunganku dengan orang lain. Hubunganku ini rusak dan rumit dan seringkali aku tidak mengusahakan yang terbaik untuk memperbaikinya. Aku membutuhkan transformasi! Tolong aku Tuhan, ubahkan aku! Bebaskan aku dari ketakutanku, karena aku bisa melihat jelas bagaimana itu kian membuatku jauh dan defensif dan bahkan menuntut. Hari ini dan setiap harinya mulai dari sekarang, aku ingin menyerahkan hatiku kepada-Mu. Aku ingin belajar menjalani hidupku dalam kasih-Mu. Aku ingin belajar menjalani hidupku dengan kasih-Mu dan mengisinya dengan kasih-Mu. 

"Bantu aku untuk menerima orang lain, sama seperti Engkau telah menerimaku. Tolong aku untuk mengasihi orang lain dengan tulus, sama seperti Engkau telah mengasihiku. Tolong aku untuk mengampuni orang lain sepenuhnya, sama seperti Engkau telah mengampuniku. Dan tolong aku untuk menghargai orang lain, sama seperti Engkau menghargaiku. Tolong aku untuk menjadi perpanjangan tangan-Mu dan menyatakan imanku kepada orang-orang di sekelilingku. Bantu aku untuk mengharapkan yang terbaik dari orang lain, dan ketika hal yang terburuk terjadi, tolong aku untuk mampu memikulnya. Di dalam nama Yesus, kuberdoa. Amin." 



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 46-48; Matius 13:1-30


Belajarlah dari Yesus yang mengasihi kita tanpa syarat dan tanpa mengingat segala dosa kesalahan kita.
Kasihilah karena kita juga telah dikasihi terlebih dahulu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top