Empat Langkah Menaklukan Raksasa Anda

| Minggu, Januari 20, 2019 |
1 Samuel 17:45-46 "Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,"

Bagaimana Anda mengalahkan raksasa yang menghalangi Anda untuk menjadi kehidupan yang Tuhan kehendaki? Bagaimana Anda mengalahkan ketakutan yang menghalangi Anda menjadi manusia yang Tuhan kehendaki?

Jika Anda ingin menjadi orang yang beriman besar dengan impian besar dan pekerjaan yang besar, lakukan hal-hal yang dilakukan Daud ketika ia menaklukkan raksasa keterlambatan, keputusasaan, ketidaksetujuan, dan keraguan.

1. Ingat bagaimana Tuhan telah membantu Anda di masa lalu.

Daud berkata dalam 1 Samuel 17:37, "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau."

Ketika Anda mengingat bagaimana Tuhan telah menolong Anda di masa lalu, itu memberi Anda kepercayaan diri untuk menghadapi masa depan.

2. Gunakan alat-alat yang Tuhan berikan.

Daud menggunakan alat-alat yang Allah sediakan untuk menguatkan dia: "Lalu Saul mengenakan baju perangnya kepada Daud,… Maka berkatalah Daud kepada Saul: "Aku tidak dapat berjalan dengan memakai ini, sebab belum pernah aku mencobanya." Kemudian ia menanggalkannya. Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu." (1 Samuel 17: 38-40).

Jangan menunggu sesuatu yang tidak Anda punya — uang, pendidikan, atau koneksi. Gunakan alat yang telah Tuhan berikan kepada Anda untuk menghadapi raksasa Anda dengan percaya diri.

3. Abaikan para pencemooh. 

Ketika banyak orang menentangnya, Daud harus menyemangati dirinya sendiri di dalam Tuhan: "Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya" (1 Samuel 30: 6).

Ketika Anda memotivasi diri Anda sendiri di dalam Tuhan, itu bukan hanya sikap mental yang positif, tapi juga Anda menyatakan dasar kepercayaan Anda di dalam anugerah, ketetapan, rasa aman, dan kuasa Tuhan.

4. Harapkan Tuhan untuk membantu Anda hanya demi kemuliaan-Nya.

Daud maju ke medan perang, berteriak, "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau… supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah," (1 Samuel 17: 45-46).

Saya mengambil keputusan ini waktu saya masih muda. Di pegunungan California Utara suatu malam, saya berlutut dan berseru, "Ya Tuhan, aku bukan orang yang paling cerdas, yang berpendidikan paling tinggi, atau yang paling berbakat. Tapi aku akan percaya kepada-Mu. Dan aku akan melakukan apa pun, kapan pun, di mana pun di dalam iman, bahkan ketika itu tidak masuk akal buatku." Dan semenjak saat itu, hidup saya penuh dengan petualangan!

Saya berdiri dan berbicara di depan orang banyak setiap minggunya. Jumlah mereka sekitar lima kali lebih besar dari kampung halaman saya. Saya hanya seorang anak desa — dengan ketapel.

Renungkan hal ini: 
- "Raksasa" apa yang tengah berdiri di antara Anda dan impian Anda?
- Pikirkan alat-alat yang telah Tuhan berikan kepada Anda untuk menjalankan tugas Anda. Seberapa baik Anda benar-benar memanfaatkannya?
- Bagaimana Anda ingin digunakan oleh Allah? Apakah Anda mengharapkan Dia melakukannya untuk Anda? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 49-50; Matius 13:31-58


Tuhan akan menggunakan siapa saja yang mau percaya kepada-Nya dan yang mau dipakai oleh-Nya — bukan karena siapa Anda, tetapi karena itu mendatangkan kemuliaan bagi-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top