Raksasa yang Berada di Antara Anda dan Iman yang Besar

| Rabu, Januari 23, 2019 |
1 Samuel 17:47 "Dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami."

Sebelum Daud menghadapi Goliat dalam kitab 1 Samuel, ia sebenarnya harus menghadapi empat raksasa lainnya. Itu bukan raksasa secara fisik, melainkan raksasa di dalam pikiran.

Kemungkinan besar Anda akan menghadapi para raksasa itu, ketimbang menghadapi Goliat. Raksasa-raksasa ini bisa jadi sama besarnya dan sama mengintimidainya — dan mereka dapat menghambat Anda untuk menjadi seperti yang Tuhan kehendaki dan mewujudkan impian yang telah Tuhan taruh dalam hati Anda.

Raksasa pertama dalam menghadapi mimpi Anda ialah keterlambatan. Tak ada mimpi yang terpenuhi secara instan. Tuhan memberi Anda mimpi di suatu hari, tetapi Ia tidak akan mewujudkannya di hari berikutnya. Mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun lamanya sebelum Anda melihat impian seumur hidup Anda terealisasi. Akan selalu ada masa tunggu.. 

Dalam kasus Daud, ayahnya menghalangi ia dari impiannya. Setelah Samuel mengurapi Daud sebagai raja, Isai malah menyuruh Daud untuk kembali menggembala domba!

Ketika rencana Tuhan bertentangan dengan rencana orang lain, maka akan ada penundaan, dan orang-orang akan mencoba untuk menghalangi Anda — bahkan kadang orang yang paling menyanyangi Anda sekalipun. Namun Tuhan itu setia, dan Dia akan menyelesaikan pekerjaan-Nya di dalam Anda menurut waktu-Nya. 

Raksasa kedua yang akan Anda hadapi ialah keputusasaan. Goliat menciptakan iklim ketakutan di Israel, dan semua orang yakin mereka akan kalah melawan dia. 

Siapa orang-orang yang Anda dengarkan yang berkata bahwa impian Anda itu mustahil? Siapa yang menertawakan mimpi Anda, yang mengatakan bahwa itu tak akan terjadi?

Kadang yang Anda perlukan hanyalah angin segar – seorang anak dengan tatapan mata yang berbinar-binar yang berkata, "Orang ini tidak apa-apanya. Kita bisa mengalahkannya."

Raksasa ketiga yang akan menghalangi Anda ialah ketidaksetujuan. Dalam kasus Daud, saudara-saudaranya sendiri mempertanyakan motif dia dan tidak setuju dengan keputusan dia melawan Goliat. 

Ketika Tuhan memberi Anda mimpi yang ditakuti oleh orang lain tapi Anda tetap melakukannya, biasanya Anda akan dituduh, difitnah, dan disalahpahami. Anda harus memutuskan apa yang lebih penting buat Anda: persetujuan orang lain atau persetujuan Allah. 

Raksasa keempat yang akan Anda hadapi ialah keraguan. Tak ada seorang pun yang lebih ahli dalam strategi perang selain Raja Saul, dan dia mengatakan kepada Daud bahwa dia adalah orang gila, bagaimana bisa seorang bocah lelaki bisa bertarung melawan seorang prajurit perang seperti Goliat.

Dan ketika para profesional sekalipun mengatakan Anda tak akan bisa melakukannya, itu sudah cukup membuat Anda mulai meragukan diri Anda sendiri.

Ketika saya menulis The Purpose Driven Life, saya mendapat sepucuk surat dari editor buku saya (yang kemudian saya bingkai) yang berbunyi, "Buku ini tidak akan pernah sukses. Tidak ada seorang pun yang membaca 40 bab." Para ahli dan professional seringkali bisa salah. 

Renungkan hal ini: 
- Apa yang telah Anda pelajari tentang diri Anda dan Tuhan ketika sebuah mimpi telah tertunda?
- Suara siapa yang membuat Anda berkecil hati? Suara siapa yang perlu Anda dengarkan?
- Manakah dari janji-janji Allah di dalam Firman-Nya yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi Anda ketika Anda mulai meragukan diri sendiri atau meragukan impian Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 7-8; Matius 15:1-20


Tuhan Anda lebih besar dibanding raksasa yang Anda hadapi.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top