Dua Cara Roh Kudus Membimbing Anda

| Jumat, April 19, 2019 |
Mazmur 27:11 "Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku."

Satu hal yang dapat mendekatkan Anda dari kehendak Tuhan bukanlah dengan meminta Dia memberitahu apa kehendak-Nya. Yakobus 4: 2 mengatakan, "Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa." Tuhan tahu detail hidup Anda lebih dari yang Anda tahu. Jadi, libatkan "Penasihat" Anda dengan mengajukan pertanyaan yang spesifik. Dia akan membimbing Anda melewati keadaan dan pergumulan Anda.

Pikirkan hal ini: Anda bukan hanya memiliki buku panduan, Alkitab, Anda juga memiliki Penulis yang berbicara di telinga Anda. Ketika Anda menjadi orang percaya, Allah menempatkan Roh Kudus di dalam Anda, dan semenjak itu Dia mengajarkan Anda untuk mendengarkan dan menanggapi nasihat Roh Kudus. Dia tahu setiap langkah perjalanan Anda dan memahami berkat dan bahaya yang ada di depan. Dia tahu ke mana Anda telah pergi dan ke mana Anda hendak pergi, dan Dia tahu jalan terbaik yang bisa Anda tempuh.

Cara utama Roh Kudus dalam membimbing Anda yaitu dengan mengingatkan Anda apa yang Anda baca di dalam Alkitab. Itu sebabnya kita menghafal Alkitab. Kita menyimpan Firman-Nya di dalam pikiran kita, dan Roh Kudus membantu kita mengingatnya. 

Cara lain Tuhan membimbing Anda ialah melalui impresi. Tuhan memberi Anda otak, dan Dia ingin Anda menggunakannya. Tuhan tidak akan mengendalikan Anda; Dia memberi Anda kehendak bebas. Dia akan memberi Anda ide, dan ketika Anda merespon-nya, maka kemudian Ia mulai mengisi setiap detil kehendak-Nya.

Ketika Tuhan memberikan Anda ide, itu yang disebut inspirasi. Ketika Iblis memberi Anda ide, itu yang disebut pencobaan atau godaan. Anda harus mengetahui bedanya, maka mintalah "Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku" (Mazmur 27:11).

Renungkan hal ini: 
- Teknik menghafal Alkitab apa yang Anda gunakan? Jika Anda belum menghafal satu ayat apa pun, apa cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mulai minggu ini?
- Mengapa menurut Anda Allah ingin Anda merespon bimbingan-Nya sebelum Dia mengisi semua detil rencana-Nya?
- Apa yang Anda butuhkan namun belum Anda minta kepada Tuhan? 



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 6-8; Lukas 15:1-10


Rendahkanlah hati Anda untuk dapat peka mendengar dan memahami petunjuk dari Tuhan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top