Ketika Anak Allah Memerdekaan Anda

| Senin, Juni 24, 2019 |
Yohanes 8:36 "Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka." 

Tuhan peduli dengan orang-orang yang berada di penjara di seluruh dunia ini. Itulah sebabnya kami di gereja Saddleback berupaya membantu melalui Celebrate Recovery (Merayakan Pemulihan)- sebuah pelayanan pemulihan yang berlandaskan pada Kristus – kepada penjara-penjara di seluruh dunia. Kami telah melihat bagaimana Tuhan berkarya dengan luar biasa di dalam hati para tahanan selama 15 tahun terakhir ini.

Tuhan peduli dengan para tahanan, dan demikian juga kita seharusnya. 

Tetapi saat Yesus berkata dalam Lukas 4:18 bahwa Ia datang "untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku," Dia tidak hanya berbicara tentang penjara fisik. Dia berbicara tentang apa pun itu yang menghambat kita untuk menjadi seperti kehendak-Nya. 

Apa sajakah penjara itu?
- Kecanduan dan Ketergantungan: Ketika Anda berkata, "Saya seperti terjebak," Anda sedang berbicara tentang suatu penjara dalam hidup Anda. Mungkin Anda terpenjara oleh suatu zat, seseorang, acara, atau pornografi. Anda ingin berubah, tetapi Anda tidak bisa.
- Rahasia: Entah itu berupa rahasia keluarga atau rahasia pribadi yang tidak bisa Anda ceritakan kepada siapa pun, itu mengurung Anda di dalam penjara yang Anda ciptakan sendiri. Anda menyimpan itu semua di dalam diri Anda.
- Kebodohan: Setengah dari populasi manusia di dunia ini tidak bisa baca tulis. Karena tidak memiliki pendidikan yang layak, mereka terjebak dalam kemiskinan. Bahkan bila seandainya orang di seluruh dunia ini memiliki akses pada Internet, tetap saja orang-orang ini terkurung tanpa bisa baca tulis. 
- Ketakutan: Nah, ini yang jadi masalah besar. Ketakutan menghambat kita untuk menggunakan potensi terbesar kita. Saat kita takut untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, kita membatasi Tuhan dan diri kita sendiri.

Yesus datang untuk membebaskan kita dari penjara-penjara tersebut — terlepas dari mengapa, bagaimana atau di mana pun kita terpenjara. 

Ketahuilah hal ini dengan pasti: Yesus peduli dengan Anda. Dia ingin memerdekakan Anda. 

Dan Dia punya kabar luar biasa untuk Anda. Yesus berkata, "Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka" (Yohanes 8:36).

Kemerdekaan semacam itulah yang Tuhan tawarkan kepada Anda saat ini. 

Setiap hari di sepanjang hidup Anda, hanya ada satu yang sedang terjadi dalam hidup Anda; entah Anda sedang tumbuh di dalam kemerdekaan atau malah tumbuh di dalam jeratan. Hidup Anda tidak akan pernah statis. Hidup Anda akan semakin terbuka, atau malah semakin sempit.

Di zaman ini Anda akan mendengar para ahli hukum, perfeksionis, atau para penyesat yang ingin mengambil kemerdekaan Anda. Namun Anda bisa memilih untuk mendengarkan Yesus, karena Ia akan menjadikan Anda "benar-benar merdeka." 

Siapakah yang akan Anda dengarkan?

Renungkan hal ini: 
- Manakah dari penjara yang disebutkan dalam renungan hari ini yang paling sulit bagi Anda untuk lepaskan jeratnya? Mengapa?
- Bagaimana selama ini orang-orang dalam hidup Anda mencoba mengambil kemerdekaan yang telah diberikan Yesus kepada Anda?
- Menurut Anda apa artinya "benar-benar merdeka"? Apakah ada area dalam kehidupan Anda di mana Anda pernah mengalami kemerdekaan yang semacam itu?



Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 1-2; Kisah Para Rasul 7:22-43


Tuhan adalah satu - satunya sumber kemerdekaan yang sempurna. Hanya Yesus yang mempu memederkakan Anda dari dosa dan rasa bersalah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top