Manajemen Stress: Jangan Khawatir!

| Kamis, Oktober 24, 2019 |
Manajemen Stress: Jangan Khawatir!

Filipi 4:6 "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."

Tuhan dengan jelas menyatakan dalam Alkitab apa yang Ia pikirkan tentang kekhawatiran. Filipi 4: 6 mengatakan, "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."

Mengapa Anda harus melepaskan kekhawatiran Anda?

Kekhawatiran itu tidak masuk akal. Berikut ini beberapa alasannya. Pertama, kekhawatiran itu memperbesar masalah. Pernahkah Anda perhatikan jika seseorang mengatakan yang buruk tentang Anda, maka semakin Anda memikirkannya dan semakin buruk masalahnya?

Kedua, kekhawatiran itu tidak menyelesaikan masalah. Mengkhawatirkan sesuatu yang tak bisa Anda ubah itu percuma. Dan mengkhawatirkan sesuatu yang dapat Anda ubah pun hanya buang-buang waktu. Lakukan sesuatu untuk menyelesaikan msalah!

Kekhawatiran itu tidak lazim. Tak ada seorang pun yang terlahir sebagai seorang pencemas. Anda mungkin mengira begitu, tetapi Anda salah. Kekhawatiran adalah sesuatu yang Anda pelajari. Dan karena kekhawatiran itu bukan hal yang tiba-tiba muncul, artinya itu tidak sehat. Tubuh Anda tidak dirancang untuk mengatasi kekhawatiran. Ketika orang-orang berkata, "Saya takut sakit," berjaga-jagalah. Dokter mengatakan banyak orang bisa keluar dari rumah sakit seandainya mereka tahu cara menyingkirkan rasa bersalah, dendam, dan kekhawatiran. Amsal 14:30 mengatakan, "Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang."

Kekhawatiran itu tidak membantu. Kekhawatiran tidak bisa mengubah masa lalu; kekhawatiran juga tidak bisa mengendalikan masa depan. Satu-satunya yang berubah oleh karena kekhawatiran ialah Anda sendiri. Kekhawatiran hanya akab membuat Anda sengsara! Itu tidak akan pernah bisa memecahkan masalah.

Kekhawatiran itu tidak ada gunanya. Tuhan menciptakan Anda, Dia merancang Anda, Dia menyelamatkan Anda, dan Dia menaruh Roh-Nya di dalam Anda. Tidakkah Anda pikir Dia akan memenuhi kebutuhan Anda? Jangan khawatir.

Langkah pertama dalam mengelola stres ialah dengan menolak untuk khawatir akan apa pun. Mengapa? Karena itu tidak masuk akal, tidak lazim, tidak membantu, dan tidak ada gunanya.

Alkitab berkata dalam 1 Petrus 5: 7, "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu."

Tuhan secara pribadi peduli dengan Anda serta kebutuhan Anda. Lalu bagaimana dengan segala hal yang membuat Anda stres, cemas, dan khawatir? Lepaskan. Serahkan itu semua kepada Tuhan.

Renungkan hal ini:
- Apa yang dikatakan kekhawatiran tentang seberapa besar Anda percaya Tuhan?
- Apa yang sedang Anda khawatirkan saat ini? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya?
- Bagaimana Anda bisa secara praktis "menyerahkan kekhawatiran Anda" kepada Tuhan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 44-47; II Tesalonika 2


Bekerja tidak membuat Anda terjaga di malam hari; kekhawatiranlah penyebabnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top