Jangan Takut Ingatlah Janji Allah

| Minggu, Desember 29, 2019 |

Lukas 1:45 "Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Seandainya saya harus dioperasi dan merasa khawatir apakah saya akan mampu membayarnya atau tidak, tentu saya akan mempelajari polis asuransi saya dan melihat apakah prosedur operasi tersebut akan ditanggung atau tidak. Jika perusahaan asuransi telah berjanji akan membayarkannya, maka saya tidak akan cemas atau khawatir.

Zaman sekarang, terlalu banyak orang di dunia ini yang takut, cemas dan khawatir karena mereka tidak tahu apa yang ada dalam buku panduan polis asuransi Allah, Alkitab. Di dalam buku tersebut, ada lebih dari 7.000 janji Allah untuk Anda, seperti tentang kesehatan Anda, hubungan Anda, karier Anda, masa lalu, sekarang, dan masa depan Anda, juga tentang pengampunan dosa dan kehidupan yang kekal. Tapi jika Anda tak tahu mengenai janji-janji tersebut, Anda tidak bisa mengklaimnya! Ketika Anda menjalani hidup tanpa tahu apa yang telah Allah janjikan dalam Firman-Nya, maka Anda akan dihinggapi kecemasan.

Elisabet memperhatikan ini. Ketika Maria datang mengunjunginya, dia memberi tahu Maria, "Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana" (Lukas 1:45). Maria percaya bahwa Tuhan akan menepati janjinya. Itulah yang membuat gadis petani muda ini sangat percaya diri di tengah situasi yang sangat menakutkan. Dia percaya bahwa Tuhan akan menepati janjinya.

Janji terpenting yang Allah beri dalam Alkitab ialah bahwa saat Anda mati, Anda akan pergi ke surga apabila Anda percaya kepada Putra yang ia utus di malam Natal. Itu merupakan janji kehidupan kekal. Janji itu dikatakan dalam Yohanes 3:16, satu ayat yang paling terkenal dalam Alkitab: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."

Namun Yesus tidak hanya datang ke bumi ini untuk mengampuni dosa-dosa Anda. Dia juga datang untuk menghilangkan ketakutan Anda di sini, saat ini. Ibrani 2:15 mengatakan bahwa Yesus mengambil rupa manusia agar Ia dapat "membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut."

Itu mengingatkan saya pada satu lirik lagu Natal yang terkenal, "Hai Kota Mungil Betlehem": "Harapanmu dan doamu kini terkabullah."

Setiap harapan dipulihkan. Setiap rasa takut dikalahkan. Inilah janji terbesar yang bisa Anda klaim di Natal ini.

Renungkan hal ini:
- Berapa banyak janji Allah di dalam Alkitab yang bisa Anda sebutkan? Apa yang bisa Anda lakukan hari ini untuk mulai lebih konsisten dan efektif menghafal Firman Tuhan?
- Dalam situasi apa Anda perlu merasa percaya diri, dan bukannya merasa takut?
- Mengapa Tuhan ingin Anda hidup tanpa rasa takut?


Bacaan Alkitab Setahun :
Maleakhi 2; Wahyu 19


Untuk mengatasi rasa takut, Anda harus tahu, percaya, dan ingat apa yang telah Allah janji lakukan dalam hidup Anda. Itulah yang membuat Maria percaya diri.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top